| dc.description.abstract | Proses  belajar  mengajar  merupakan  inti  dari  kegiatan  pendidikan  di  sekolah. 
Pada proses belajar-mengajar dibutuhkan komunikasi antara guru dan peserta didik yang 
memadukan  dua  kegiatan,  yaitu  kegiatan  mengajar  (usaha  guru)  dan  kegiatan  belajar 
(usaha murid). Maka dari itu guru menggunakan alat bantu berupa media pembelajaran 
Microsoft  PowerPoint 2007  dalam  penyampaian  materi  di  depan  kelas.  Permasalahan 
yang  terdapat  dalam  penelitian  ini  yaitu  rendahnya  motivasi  belajar  siswa  pada  mata 
pelajaran  ekonomi  khususnya  pada  pokok  bahasan  permintaan,  penawaran  dan  harga 
keseimbangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran 
Microsoft  PowerPoint  2007  dalam  proses  pembelajaran  dapat  meningkatkan  motivasi 
belajar  siswa  kelas  X.1  SMA  Negeri  1  Pakusari  pada  mata  pelajaran  ekonomi  pokok 
bahasan permintaan, penawaran dan harga keseimbangan Semester Ganjil Tahun Ajaran 
2010/2011. 
Metode  pengambilan  sampel  yang  digunakan  adalah  metode  populasi  atau 
keseluruhan jumlah responden dimana jumlah responden pada penelitian ini yaitu seluruh 
siswa  kelas  X.1  sebanyak  40  siswa  dengan  mengambil  lokasi  penelitian  pada  SMA 
Negeri  1  Pakusari.  Penelitian  ini  dilaksanakan  setiap  hari  jum’at  pukul  07.00  –  08.30 
pada tanggal 29 Oktober – 19 November 2010. Sumber data yang akan diperoleh dari 
penelitian kali ini  yaitu  sumber data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh 
selama  proses  tindakan  berlangsung,  sedangkan  data  sekunder  seperti  denah  sekolah, 
struktur organisasi sekolah dan nama siswa diperoleh dari bagian Tata Usaha. Metode 
pengumpulan  data  dalam  penelitian  ini  adalah  metode  observasi,  wawancara  dan dokumentasi.  Penelitian  ini  merupakan  penelitian  tindakan  kelas  dimana  pada  setiap 
siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Siklus lanjutan dilaksanakan jika pada siklus I 
hasil dari penelitian belum mencapai target yang diinginkan. Adapun analisis data yang 
digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.  
Hasil  dari  penelitian  ini  yaitu  skor  rata-rata  tingkat  motivasi  belajar  siswa  di 
kelas X.1 sebelum tindakan hanya sebesar 2,51(50,2%) yaitu terdapat di rentang 1,8 – 
2,5, yang artinya bahwa tingkat motivasinya masih rendah. Setelah pelaksanaan tindakan 
pada  siklus  I  diketahui  bahwa  skor  rata-rata  tingkat  motivasi  belajar  siswa  meningkat 
sebesar  0,6(12%)  menjadi  3,11(62,2%)  atau  pada  kriteria  sedang.  Selain  itu  hasil 
observasi  terhadap  guru  sebesar  63,64%  dan  observasi  media  pembelajaran  Microsoft 
powerpoint  2007  sebesar  63,33%.  Hasil  ini  tentunya  belum  sesuai  dengan  target 
penelitian yaitu skor rata-rata motivasi siswa sampai pada kriteria tinggi, skor observasi 
tahapan  pembelajaran  guru  ≥  85%,  dan  skor  observasi  media  pembelajaran  Microsoft 
powerpoint 2007 ≥ 85%. Maka dari itu dilakukan perbaikan pada siklus II. Hasilnya skor 
rata-rata motivasi belajar siswa meningkat kembali sebesar 0,6(12%) menjadi 3,71 atau 
pada kriteria tinggi, skor observasi guru meningkat menjadi 86,67% dan observasi media 
Microsoft powerpoint 2007  meningkat  menjadi  94,44%.  Oleh  karena  itu,  berpedoman 
pada  hipotesa  dan  hasil  penelitian  dapat  disimpulkan  bahwa  media  pembelajaran 
microsoft powerpoint  2007  dapat  diterapkan  pada  mata  pelajaran  ekonomi  khususnya 
pokok  bahasan  permintaan,  penawaran  dan  harga  keseimbangan  karena  media 
pembelajaran ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. | en_US |