Hubungan Aktivitas Pembelajaran Terbimbing oleh Guru dan Mandiri Siswa dalam Mengakses Materi secara Online dengan Hasil Belajar Biologi (Kelas X SMA Negeri di Kabupaten Jember)
Abstract
Kabupaten Jember merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang
dapat dikategorikan sebagai kota pendidikan, hal ini dikarenakan terdapat banyak
sekolah baik negeri maupun swasta. Pendidikan di Kabupaten Jember untuk
tingkatan Sekolah Menengah Atas hingga saat ini sudah cukup baik, hal ini dapat
dilihat dari data Dinas Pendidikan Kabupaten Jember (2017) yang menyatakan
bahwa Jember merupakan kabupaten yang memiliki sarana dan prasarana yang
baik serta telah terbukti banyak mendapatkan penghargaan di tingkat nasional
maupun internasional. Kabupaten Jember pada saat ini telah menggunakan
kurikulum 2013, pemberlakuan kurikulum ini ditandai dengan pemberlakuan
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) tentang Struktur
Kurikulum 2013, Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Penilaian dan
Implementasi Kurikulum 2013. Untuk mencapai tujuan kurikulum 2013 pada saat
ini, Permendikbud No. 81A tahun 2013 mengatur bahwa proses pembelajaran
pada kurikulum 2013 hendaknya terdiri atas lima pengalaman belajar yaitu
mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan
mengkomunikasikan, yang disingkat dengan 5 M. Kelima pengalaman belajar
tersebut hendaknya dilakukan oleh siswa secara mandiri dengan memanfaatkan
kemajuan teknologi komunikasi saat ini.
Pada penelitian sebelumnya tentang penerapan e-learning dengan media
schoology dilaksanakan di SMA Negeri 4 Jember diketahui bahwa penggunaan
internet di dalam hal ini e-learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar
75%-83,33%. Pendidikan merupakan suatu kebutuhan bagi semua orang karena
pendidikan merupakan upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan potensi yang
terdapat dalam diri manusia. Pengembangan dalam dunia pendidikan tidak lepas
dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Perkembangan media
teknologi informasi menjadi salah satu landasan pokok dalam perkembangan
pembelajaran abad 21.
Penelitian ini merupakan penelitian dasar yang akan digunakan untuk
memberikan informasi melalui aktivitas pembelajaran terbimbing siswa oleh guru
dan mandiri mengakses materi secara online. Tujuan umum dilakukannya
pengkajian aktivitas pembelajaran terbimbing siswa oleh guru dan mandiri