dc.description.abstract | Zaman modern seperti saat ini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi cepat menyebar pesat dan meluas dikalangan masyarakat. Banyaknya pesaing yang ada di masyarakat menyebabkan para pengusaha harus meningkatkan mutu suatu produk, serta menyesuaikan harga yang dapat dijangkau oleh setiap masyarakat dengan kualitas yang baik.
Jember merupakan kota besar yang memiliki outlet/distro dengan menjual berbagai produk. Distro merupakan jenis outlet yang menjual berbagai produk konfeksi yang dititipkan oleh pembuat pakaian yang biasanya di kembangkan oleh kalangan muda serta jumlah yang dihasilkan sangat terbatas atau limited edition. Distro Redshop yang berlokasi di Jalan Brantas No. 23 Kabupaten Jember menjual berbagai macam konfeksi diantaranya kaos, celana pendek, celana panjang, kemeja, dan tas serta berbagai asesoris. Dalam meningkatkan pemasaran yang ada di distro Redshop Jember perlu adanya strategi pemasaran yang tepat untuk dapat menarik minat pelanggan. Distro Redshop mampu memberikan kualitas produk yang original serta selalu memberikan model terbaru dari setiap produk yang dijual.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi bauran pemasaran yang dilakukan oleh distro Redshop di Jember Jalan Brantas No.23. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian ditentukan dengan menggunakan metode purposive area yang dilaksanakan di distro Redshop Jalan Brantas No.23 Jember. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Bedasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa distro Redshop Jalan Brantas No.23 Jember menerapkan bauran pemasaran. Adapun bauran pemasaran yang dilakukan oleh distro Redshop Jember yaitu meliputi produk, harga, promosi, distribusi.
Product (Produk) dalam distro Redshop, menjual berbagai macam jenis produk konfeksi original diantaranya yaitu mulai dari kaos, celana panjang, celana pendek, jaket, kemeja, tidak hanya berbagai macam jenis konfeksi tetapi juga mejual berbagai macam jenis aksesoris untuk menunjang penampilan para konsumen diantaranya ikat pinggang, dompet, topi, pomade (minyak rambut) dengan berbagai merek ternama . Price (Harga), distro Redshop dalam menetapkan harga dari masing-masing produk yang dijualnya yaitu sebesar 30%, mulai dari kaos, celana panjang, celana pendek, jaket, kemeja, dan aksesoris, harga yang ditetapkan tersebut sangatlah terjangkau bagi kalangan remaja himgga dewasa. Promotion (Promosi), promosi yang dilakukan oleh distro Redshop yaitu menggunakan media online dan offline. Media online seperti bukalapak, facebook, instagram, whatsapp. Sedangkan offline dengan mengikuti acara event seperti JFC dan pemberian stiker. Place (Distribusi), pendistribusian produk yang dilakukan distro Redshop menggunakan dua cara yaitu secara langsung dan tidak langsung, secara langsung dengan mengunjungi langsung ke distro, sedangkan yang tidak langsung yaitu mengantarkan barang dengan menggunakan jasa pengantar barang agar sampai ke tangan konsumen. | en_US |