Pengaruh Religiusitas dan Harga terhadap Shop Switching Behaviour dari Toko Retail Modern Ke Toko Basmalah Sidogiri Cabang Jember
Abstract
Di era modern, usaha bisnis mengalami perkembangan yang cukup pesat
selama beberapa tahun terakhir dengan berbagai format serta jenisnya. Hal tersebut
mendorong perusahaan untuk bisa bersaing merebut pangsa pasar dan memberikan
pelayanan terbaik demi kelangsungan perusahaan. Sebagai contoh adalah usaha retail
yang merupakan serangkaian kegiatan usaha yang memberikan nilai tambah pada
produk dan jasa yang dijual kepada pelanggan untuk penggunaan pribadi atau
keluarga. Toko Basmalah Sidogiri merupakan salah satu usaha ritel yang menjual
berbagai macam produk. Toko ritel tersebut berbeda dengan ritel lain karena
mengusung tema keagamaan. Hal tersebut yang dapat menarik konsumen untuk
melakukan perpindahan pembelian (shop switching behaviour) dari toko ritel modern
ke Toko Basmalah Sidogiri. Dalam mengkonsumsi barang khususnya makanan,
konsumen akan lebih cenderung memilih makanan yang telah mendapatkan label
halal dari lembaga berwenang, dalam hal ini peran tersebut dipegang oleh MUI
(Sumarwan, 2015). Selain itu konsumen muslim akan mencari informasi terlebih
dahulu tentang kehalalan makanan yang akan mereka konsumsi sebelum melakukan
pembelian. Hal tersebut yang disebut dengan religiusitas. Religiusitas merupakan
elemen terpenting dari sebuah kebudayaan. Religiusitas juga menjadi salah satu
faktor yang berpengaruh terhadap perilaku konsumen untuk melakukan perpindahan
pembelian pada sebuah toko. Shop switching behaviour sering terjadi pada konsumen
karena beberapa hal salah satunya adalah harga. Mayoritas konsumen berburu suatu
produk dengan harga yang lebih murah khususnya untuk masyarakat lapisan
menengah kebawah.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel religiusitas dan
harga terhadap shop switching behaviour dari toko retail modern ke Toko Basmalah
Sidogiri Cabang Jember. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data
primer. Jenis penelitian ini adalah explanatory research. Data primer tersebut
diperoleh dari hasil jawaban kuesioner pada 120 responden yang ditentukan dengan
menggunakan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah Analisis Regresi Linier Berganda.
Berdasarkan hasil analisis studi dan pembahasan tentang pengaruh religiusitas
dan harga, secara parsial terhadap shop switching behaviour dari toko retail modern
ke Toko Basmalah Sidogiri Cabang Jember, maka dapat diambil kesimpulan sebagai
berikut : Religiusitas dan harga secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap
shop switching behaviour dari toko retail modern ke Toko Basmalah Sidogiri Cabang
Jember.