Peran Guru Dalam Melatih Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Finger Painting Pada Kelompok b2 DI TK Kartika IV-73 Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Kreativitas merupakan kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu
yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan
apa yang telah ada. Kreativitas anak sendiri tidak terlepas dari peran guru yang
yang melatih kreativitas kepada anak dengan aktivitas atau kegiatan. Salah satu
kegiatan yang dapat dilakukan guru di sekolah adalah kegiatan finger painting
atau melukis dengan jari yang dilakukan di TK Kartika IV-73. Kegiatan finger
painting atau melukis dengan jari yang dilaksanakan di TK Kartika IV-73
merupakan kegiatan yang dilakukan guru pada saat kegiatan pembelajaran.
Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti di TK Kartika
IV-73 Jember, kegiatan finger painting yang berlangsung cukup menarik bagi
anak. Anak-anak mampu mengembangkan idenya sesuai dengan apa yang
diinginkan yang merupakan sebagian dari kreativitas yang tampak pada saat
kegiatan finger painting. Berdasarkan uraian tersebut, maka rumusan masalah
dalam penelitian ini sebagai berikut: “Bagaimanakah Peran Guru dalam Melatih
Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Finger Painting pada Kelompok B2 di TK
Kartika IV-73 Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?”.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk mendiskripsikan
peran guru dalam melatih kreativitas anak melalui kegiatan finger painting pada
kelompok B2 di TK Kartika IV-73 Sumbersari Kabupaten Jember Tahun
Pelajaran 2018/2019.
Subyek penelitian ini adalah guru kelas dan anak kelompok B2 yang
melakukan kegiatan finger painting di TK Kartika Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi
dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik analisis data
deskriptif kualitatif menurut Miles dan Huberman (dalam Sugiyono 2012:246)
yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data hasil wawancara, observasi dan
dokumentasi tentang peran guru dalam melatih kreativitas anak, mereduksi data
yaitu memfokuskan pada temuan tentang peran guru dalam melatih kreativitas
anak melalui kegiatan finger painting di TK Kartika IV-73. Penyajian data dalam
bentuk teks naratif tentang peran guru dalam melatih kreativitas anak melalui
kegiatan finger painting di TK Kartika IV-73 dan penarikan kesimpulan tentang
bagaimana peran guru dalam melatih kreativitas anak melalui kegiatan finger
painting.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam melatih kreativitas
anak melalui kegiatan finger painting yang dilakukan di TK Kartika IV-73
meliputi: Peran guru dalam berinteraksi yaitu guru berinteraksi kepada anak pada
kegiatan pembelajaran dengan menjelaskan tema dan kegiatan yang pada hari
tersebut yang berfungsi untuk mengembangkan imajinasi anak. Peran guru dalam
memberikan fasilitasi yaitu guru menyediakan peralatan dan media yang akan
digunakan anak dalam kegiatan pembelajaran khususnya kegiatan finger painting
yakni cat, air, lap, mangkok yang berfungsi untuk mengembangkan imajinasi anak
dan anak mampu mengembangkan gagasan atau idenya. Peran guru dalam
perencanaan yaitu guru merencanakan kegiatan pembelajaran seperti membuat
RPPH dan membuat kegiatan yang akan digunakan untuk anak yang berfungsi
untuk menjaga kondisi yang kondusif bagi anak-anak untuk belajar. Peran guru
dalam bimbingan dan pemeliharaan yaitu guru membimbing anak dan mengawasi
anak ketika anak melakukan kegiatan pembelajaran yang berfungsi untuk
menstimulasi anak untuk berelaborasi, meningkatkan percaya diri dan
kemampuan anak-anak untuk mencoba. Pada umumnya guru telah melaksanakan
peran-peran tersebut dengan baik dan dapat mengembangkan ciri-ciri kreativitas
yaitu (fluency, flexibility, originality, elaboration) pada diri anak. Sebagai saran penguatan, guru diharapkan dapat memperkuat lagi peran
guru dalam berinteraksi dan peran guru dalam bimbingan dan pemeliharaan dalam
melatih kreativitas anak melalui kegiatan finger painting, memperjelas informasi
atau penerapan mengenai tema dan menyusun media yang menarik. Guru
diharapkan menyediakan media yang lebih berwarna dan bervariasi untuk
memperkaya anak sehingga anak punya lebih banyak pilihan ide.