Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Store Atmosphere Sebagai Variabel Moderating Pada Konsumen Toko Basmalah di Jember
Abstract
Bisnis ritel di Indonesia perkembangannya semakin pesat seiring dengan kemajuan perekonomian Indonesia. Guna mengantisipasi pertumbuhan ritel modern yang semakin pesat, pemerintah berencana merevisi peraturan tentang pasar swasta termasuk minimarket, agar pertumbuhan pasar modern tidak sampai mematikan pasar rakyat. Di sisi lain, pasar rakyat diharapkan juga dapat berbenah guna memenuhi tuntutan konsumen yang semakin meningkat. Perkembangan bisnis ritel modern yang pesat adalah fenomena yang wajar jika dikaitkan dengan perkembangan zaman serta meningkatkan jumlah kelas menengah di tanah air. Semakin menjamurnya bisnis ritel menjadikan tingginya kompetisi antar pelaku bisnis ritel sehingga sangat penting untuk menentukan strategi yang tepat agar konsumen tertarik untuk melakukan keputusan pembelian pada perusahaannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian dengan store atmosphere sebagai variabel moderating pada konsumen Toko Basmalah di Kabupaten Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang mengunjungi toko Basmalah di Jember khususnya pada wilayah Jelbuk, Ajung, Jenggawah dan Pakusari yang sudah melakukan keputusan pembelian. Sampel yang digunakan sebanyak 119 orang yang ditentukan dengan teknik non probability sampling dan teknik purposive sampling yaitu pentuan sampel dengan kriteria antara lain responden merupakan masyarakat yang tinggal Jember khususnya masyarakat daerah Jelbuk, Ajung, Jenggawah dan Pakusari, pernah melakukan keputusan pembelian di Toko Basmalah dan minimal berumur 18 tahun. Metode analisis data yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis atau MRA. Hasil pengujian regresi moderasi menunjukan pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian menunjukkan hubungan yang positif signifikan, pengaruh harga terhadap keputusan pembelian di moderasi store atmosphere menunjukkan hubungan yang negatif signifikan dan pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian di moderasi store atmosphere menunjukkan hubungan yang positif signifikan.