PROSEDUR PELAKSANAAN PEMASARAN TEMBAKAU DI PT PERKEBUNAN NUSANTARA X KEBUN KERTOSARI JEMBER
Abstract
Berdasarkan hasil Praktek Kerja Nyata (PKN) yang telah dilaksanakan di PT.
Perkebunan Nusantara X Kebun Ketosari Jember, diperoleh beberapa manfaat
yang sangat berguna berupa pengalaman dan pengetahuan-pengetahuan secara
langsung maupun tidak langsung. Sesuai dengan pembahasan dimana pemasaran
merupakan salah satu faktor penting untuk memajukan perusahaan khususnya
perusahaan yang bergerak dalam bidang barang dan jasa. Kesuksesan perusahaan
banyak ditentukan oleh prestasi dibidang pemasaran. Serta menjalankan
manajemen pemasaran yang baik agar tercapai tujuan perusahaan secara efesien
dan efektif sesuai dengan visi misi perusahaan.
Selama melaksanakan PKN ini bisa dikatakan lancar melihat dari dua aspek.
Yang pertama kegiatan umum dari PKN sendiri guna mengetahui aktifitas yang
dijalankan oleh instansi yang terkait. Kedua, kegiatan inti sesuai dengan tujuan
pembahasan yaitu untuk mengetahui secara langsung proses pemasaran dan
sedikit membantu didalamnya. Maka dari itu secara tidak langsung sudah
menambah pengalaman baik berupa materi dan praktek didalam dunia kerja.
Tentunya hal tersebut sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk menambah
wawasan yang sangat berguna pada saat terjun langsung dalam dunia kerja
nantinya.
Karena sudah terlibat didalam kegiatan pemasaran yang dijalankan oleh
instansi yang terkait maka dapat diketahui relevansi antara teori dengan praktek.
Dimana teori tersebut adalah manajemen pemasaran yang pernah ditempuh pada
saat perkuliahan. Sehingga dapat mencocokan atau mempraktekan langsung
didalam kegiatan pemasaran tentunya dengan bimbingan dari pihak instansi yang
bertugas. Setelah mencocokan atau mempraktekan teori tersebut maka dapat
diketahui bahwasannya kegiatan pemasaran yang dijalankan PT. Perkebunan
Nusantara X Kebun Ketosari Jember bisa dikatakan sesuai dengan teori yang ada.