Prosedur Kerja Room Attendant dalam Mendukung Pelayanan Kamar di Royal Hotel n’ Lounge Jember
Abstract
Housekeeping adalah bagian departemen yang mengatur atau menata peralatan, menjaga kebersihan, memperbaiki kerusakan, dan memberi dekorasi dengan tujuan agar hotel tersebut tampak rapi, bersih, menarik dan menyenangkan bagi penghuni atau tamu yang menginap. Dalam departemen housekeeping terdapat room attendant yang mana room attendant memiliki tugas dan tanggung jawab dalam hal pembersihan kamar-kamar tamu sesuai tugas yang diberikan, memastikan standar kebersihan kamar, melaporkan dan mencatat setiap kerusakan yang ditemukan, menangani keluhan dan permintaan tamu, memastikan kerahasiaan dan keamanan setiap kamar tamu.
Dalam hal ini penulis melaksanakan praktek kerja nyata di Hotel Royal n‟ Lounge Jember di departemen housekeeping. Waktu pelaksanaan kegiatan praktek kerja nyata ini dilaksanakan oleh mahasiswa selama lima bulan. Jadwal pelaksanaan praktek kerja terhitung mulai tanggal 1 Januari 2017 sampai dengan 30 mei 2017 di Hotel Royal n‟ Lounge Jember. Metode pengumpulan data yang Metode pengumpulan data yang Metode pengumpulan data yang Metode pengumpulan data yang Metode pengumpulan data yang Metode pengumpulan data yang Metode pengumpulan data yang Metode pengumpulan data yang Metode pengumpulan data yang Metode pengumpulan data yang Metode pengumpulan data yang Metode pengumpulan data yang Metode pengumpulan data yang Metode pengumpulan data yang Metode pengumpulan data yang Metode pengumpulan data yang digunakan dalam pelaksanaan praktek kerja nyata digunakan dalam pelaksanaan praktek kerja nyata digunakan dalam pelaksanaan praktek kerja nyatadigunakan dalam pelaksanaan praktek kerja nyatadigunakan dalam pelaksanaan praktek kerja nyata digunakan dalam pelaksanaan praktek kerja nyata digunakan dalam pelaksanaan praktek kerja nyatadigunakan dalam pelaksanaan praktek kerja nyatadigunakan dalam pelaksanaan praktek kerja nyata digunakan dalam pelaksanaan praktek kerja nyata digunakan dalam pelaksanaan praktek kerja nyata digunakan dalam pelaksanaan praktek kerja nyatadigunakan dalam pelaksanaan praktek kerja nyata digunakan dalam pelaksanaan praktek kerja nyatadigunakan dalam pelaksanaan praktek kerja nyatadigunakan dalam pelaksanaan praktek kerja nyatadigunakan dalam pelaksanaan praktek kerja nyata digunakan dalam pelaksanaan praktek kerja nyatadigunakan dalam pelaksanaan praktek kerja nyata digunakan dalam pelaksanaan praktek kerja nyata digunakan dalam pelaksanaan praktek kerja nyata digunakan dalam pelaksanaan praktek kerja nyata digunakan dalam pelaksanaan praktek kerja nyatadigunakan dalam pelaksanaan praktek kerja nyatadigunakan dalam pelaksanaan praktek kerja nyatadigunakan dalam pelaksanaan praktek kerja nyatadigunakan dalam pelaksanaan praktek kerja nyatadigunakan dalam pelaksanaan praktek kerja nyata yaitu pengamatan, wawancara dan dokumen.
Seorang room attendant dalam pengerjaan kamar harus melakukan standart operational procedure (SOP) hal itu sangat penting bagi sebuah hotel karena SOP ini menjelaskan tentang prosedur sebuah pekerjaan, sehingga dapat mempermudah seorang dalam bekerja. Terutama dalam kinerja room attendant yang memerlukan standart operational procedure dalam pekerjaannya. SOP room attendant menjelaskan tentang step by step dalam membersihkan kamar tamu mulai dari prepare trolley, striping linen, making bed, dusting, sweeping, mopping dan membersihkan bathroom, hingga selesai. Selain itu SOP ini juga menjelaskan tentang tata cara membersihkan kamar yang masih ada tamunya dalam artian belum check out. Semua prosedur tersebut harus dilakukan oleh semua room attendant yang melakukan tugasnya dalam membersihkan kamar. Hal ini bertujuan agar kualitas kamar dapat terjaga dengan baik dan dapat memberikan kamar yang bersih, nyaman, indah dan aman kepada tamu.
Dalam hal ini proses pengerjaaan kamar yang sesuai dengan SOP memiliki kekurangan dalam masalah waktu. Apabila hotel mengalami high season para room attendant akan mengalami keterlambatan dalam pengerjaan kamar pada beberapa tamu yang melakukan check in sehingga tamu yang melakukan check in harus menunggu kamar dibersihkan terlebih dahulu. Oleh karena itu adanya Prosedur kerja dalam pengerjaan kamar harus sesuai SOP mulai dari prepare trolley, striping linen, making bed, dusting, sweeping, mopping, dan membersihkan bathroom, hingga selesai. Para tamu yang melakukan check in dapat langsung menggunakan kamar, dengan demikian para tamu akan merasa senang