Pengaruh Fasilitas Wisata, dan Citra Destinasi, serta Media Sosial melalui Kepuasan terhadap Minat Berkunjung Kembali Konsumen Di Wisata Kawah Wurung Bondowoso
Abstract
Bisnis wisata di Indonesia dapat dibedakan menjadi 2 kelompok besar, yakni Wisata Alam dan Wisata Buatan. Wisata Alam sebenarnya merupakan wisata yang terbentuk oleh alam. Wisata buatan ini muncul dan berkembang seiring perkembangan perekonomian, teknologi, dan lifestyle masyarakat, dimana zaman sekarang masyarakat menuntut adanya wisata baru. Peningkatan kunjungan wisata khususnya wisata alam saat ini disebabkan oleh permasalahan yang banyak di perkotaan, seperti permasalahan polusi dsb. satu bisnis wisata di Indonesia di daerah Kabupaten Bondowoso yaitu Wisata Kawah Wurung.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Fasilitas wisata, dan Citra Destinasi, serta Media Sosial melalui kepuasan terhadap Minat Berkunjung Kembali Konsumen di Wisata Kawah Wurung. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 115 responden yang dipilih menggunakan tekhnik non probability sampling dengan menggunakan metode purposive sampling. Dan metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis jalur (path analysis).
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa fasilitas wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Wisata Kawah Wurung, citra destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Wisata Kawah Wurung, media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Wisata Kawah Wurung, kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali konsumen, fasilitas wisata media sosial tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat berkunjung kembali konsumen, citra destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali konsumen.
Kata Kunci : fasilitas wisata, citra destinasi, media sosial, kepuasan konsumen, minat berkunjung kembali