• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENDIDIKAN INFORMAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri Pasirian Kabupaten Lumajang Mata Pelajaran Kewirausahaan Tahun Ajaran 2010/2011)

    Thumbnail
    View/Open
    AINUN SAFITRI F_SKRIPSI_001.pdf (1.605Mb)
    Date
    2013-12-18
    Author
    AINUN SAFITRI FARLIYASARI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam meningkatkan hasil belajar siswa diperlukan kerja sama dari berbagai pihak. Pendidikan Informal merupakan salah satu faktor eksternal yang dapat mempengaruhi hasil belajar seorang siswa. Pendidikan Informal tersebut terdiri dari pendidikan melalui keluarga, teman, masyarakat sekitar siswa, media cetak maupun media elektronik. Keluarga merupakan peletak dasar bagi pola tingkah laku siswa serta perkembangan pribadi anak-anak. Selain melalui keluarga, siswa berinteraksi dengan teman sekolahnya untuk dapat berdiskusi mengenai masalah kewirausahaan. Begitu pula dengan masyarakat, siswa dapat memanfaatkan kondisi lingkungannya dalam memahami tentang kewirausahaan. Adanya interaksi dan juga komunikasi secara terus menerus akan meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu melalui media cetak maupun elektronik siswa dapat memperoleh pendidikan yang tak terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari variabel pendidikan informal secara simultan terhadap hasil belajar siswa kelas XI Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri Pasirian Kabupaten Lumajang pada mata pelajaran Kewirausahaan tahun ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah korelational expost facto atau korelasional, Penentuan lokasi penelitian ditentukan dengan menggunakan metode purposive area. Metode penentuan responden menggunakan metode purposive sampling sejumlah 72 siswa yaitu seluruh siswa kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri Pasirian Kabupaten Lumajang, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode angket,wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial, yng terdiri dari analisis regresi linear sederhana, analisis varian garis regresi, efektivitas garis regresi, uji F dan standar error of estimate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan informal mempunyai pengaruh secara simultan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan Fhitung (194,341)>F tabel (3,13) dengan tingkat α = 0,05> Sig F = 0,000 yang berarti bahwa variabel pendidikan informal dan secara simultan mempengaruhi hasil belajar siswa sebesar 73,5 %. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel bebas (pendidikan informal) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat (hasil belajar) siswa kelas XI Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri Pasirian Kabupaten Lumajang Tahun Ajaran 2010/2011.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9731
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository