• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Upaya Meningkatkan Ketrampilan Menulis Kalimat Efektif siswa kelas ID SLTP Negeri 3 Bondowoso dengan latihan terbimbing

    Thumbnail
    View/Open
    Felecia Christina Sri Rahayu 010210402417.pdf (4.205Mb)
    Date
    2002-08-20
    Author
    RAHAYU, Felecia Christina Sri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian Ini Menggunakan Rancangan Penelitian Tindakan Kelas, Yang Dilaksanakan Melalui Dua Siklus. Setiap Siklus Terdiri Atas Empat Tahap: (1) Tahap Perencanaan, (2) Tahap Pelaksanaan, (3) Tahap Observasi, Dan (4) Tahap Refleksi. Untuk Memperoleh Data, Dilakukan Tes Uraian Membuat Kalimat Efektif Dengan Ciri Gramatikal, Kalimat Logis, Kalimat Hemat, Kalimat Tidak Goyah, Dan Variasi Kalimat. Hasil Penelitian Secara Klasikal Yang Berhasil Dihimpun Melalui Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Kalimat Efektif Pada Prasiklus, Dari 46 Siswa, Hanya Mampu Tercapai 61% Tuntas Belajar Secara Klasikal. Setelah Diadakan Tindakan Pada Siklus 1, Yaitu Dengan Latihan Terbimbing, Dapat Meningkat Menjadi Tuntas Belajar Secara Klasikal 71%. Karena Hasil Yang Dicapai Belum Dapat Memenuhi Kriteria Ketuntasan Belajar Secara Klasikal, Maka Guru Melanjutkan Dengan Tindakan Pada Siklus II. Ternyata Diperoleh Ketuntasan Belajar Secara Klasikal 89%. Demikian Pula Aktivitas Siswa Pun Dapat Ditingkatkan. Dari 60,54% Pada Prasiklus, Menjadi 64,34% Pada Siklus 1 Serta Lebih Meningkat Menjadi 70,46% Pada Siklus II. Bagi Siswa Dan Guru, Hendaknya Dengan Latihan Terbimbing Keterampilan Menulis Kalimat Efektif Dapat Ditingkatkan Melalui Interaksi Antarsiswa, Sekaligus Siswa Dengan Guru Selama Proses Pembelajaran Diharapkan Pula, Latihan Terbimbing Dapat Mempermudah Siswa Untuk Menulis Simpulan Penjelasan Guru Sehingga Hasil Pembelajaran Bahasa Indonesia Dapat Ditingkatkan. Tentu Saja, Diharapkan Pula Peningkatan Pemahaman Dalam Penggunaan Bahasa Indonesia Baku.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/97261
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository