Show simple item record

dc.contributor.authorRIO NUR HABIBI HADI PUTRO
dc.date.accessioned2013-12-18T02:43:55Z
dc.date.available2013-12-18T02:43:55Z
dc.date.issued2013-12-18
dc.identifier.nimNIM070210204147
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9700
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di SDN Karang Bayat 5. Subjek penelitian yang diambil adalah siswa kelas V yang terdiri atas 30 siswa, dengan 13 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas dengan pelaksanaan dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes, sedangkan data yang dianalisis berupa hasil observasi aktivitas guru dan siswa selama tindakan, wawancara guru dan siswa, serta hasil tes akhir siklus siswa. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama yang terdiri dari aktivitas memperhatikan penjelasan guru 77,77%, menggunakan media 78,88%, berdiskusi 73,33% dan memecahkan persoalan dalam kelompok 76,66 %. Pada siklus I pertemuan kedua persentase aktivitas memperhatikan penjelasan guru 68,88%, menggunakan media 82,22%, berdiskusi 80% dan memecahkan persoalan dalam kelompok 81,11 %. Sedangkan Persentase aktivitas siswa pada siklus II, terdiri dari aktivitas memperhatikan penjelasan guru 75,55%, menggunakan media 85,55%, berdiskusi 86,66% dan memecahkan persoalan dalam kelompok 84,44 %, sehingga aktivitas siswa secara klasikal pada siklus II mencapai 83%. Dalam pembelajaran dengan metode Buzz Group terlihat adanya peningkatan hasil belajar berdasarkan analisis hasil Tes Akhir pada pra siklus, ketuntasan secara klasikal hanya mencapai 56,6 % dan dinyatakan tidak tuntas. Siklus I, ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 76,6 % yang dapat dikatakan tuntas. Meskipun dalam siklus I sudah berhasil siklus II tetap dilaksanakan sebagai perbandingan dari siklus I. Tes Akhir siklus II ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 90 % ,sehingga terlihat adanya peningkatan dari siklus I. Kesimpulan dari penelitian ini adalah proses pembelajaran dengan metode Buzz Group disertai media modifikasi garis bilangan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar, melatih siswa untuk bekerja sama dalam belajar, serta siswa juga dapat menerima adanya perbedaan keragaman yang ada di sekitar lingkungan belajarnya, sehingga dapat dikatakan bahwa metode Buzz Group dapat digunakan sebagai metode alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar guru harus mendorong siswa untuk berperan aktif dalam diskusi kelompok agar berani mengungkapkan pendapat, selain itu guru menggunakan media pembelajaran yang dapat mendekatkan Matematika kepada siswa dan memberikan Skesempatan lebih banyak untuk berpartsipasi aktif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204147;
dc.subjectMatematika, Bilangan Bulat, Media Modifikasi Garis Bilanganen_US
dc.titleMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS V SDN KARANG BAYAT 5 JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012 MELALUI IMPLEMENTASI METODE BUZZ GROUP DISERTAI PENGGUNAAN MEDIA MODIFIKASI GARIS BILANGANen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record