PENINGKATAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN KENAMPAKAN ALAM MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA SISWA KELAS IV SDN MRAWAN 02 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan subyek penelitian
sebanyak 32 siswa di SDN Mrawan 02 Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian
tindakan kelas dengan pelaksanaan 2 siklus. Teknik pengumpulan data dengan
observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes.
Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas guru, dan tes akhir
siklus. Aktivitas guru pada siklus 1 sebesar 87%, sedangkan pada siklus 2 sebesar
81%. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 54% dan pada
siklus II ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 84%.
Setelah peneliti menerapkan model problem based instruction hasil belajar
siswa khususnya pada pokok bahasan kenampakan alam mengalami peningkatan.
Hal ini dapat dilihat pada data masing-masing siklus, secara garis besar
peningkatan keberhasilan dari kondisi awal ke siklus I yaitu dari 47% menjadi
54%, peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 juga cukup baik yaitu dari 54%
menjadi 84%. Penggunaan model problem based instruction terbukti dapat
meningkatkan hasil belajar IPS pokok bahasan kenampakan alam pada siswa
kelas IV SDN Mrawan 02 kabupaten Bondowoso tahun pelajaran 2011/2012.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat dikemukakan saran bagi
peneliti lain yang menerapkan model PBI hendaknya dapat melaksanakan tahaptahap
dalam model tersebut secara maksimal serta mengupayakan untuk
menciptakan lingkungan dimana siswa dapat terlibat secara aktif dalam diskusi.