• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN KENAMPAKAN ALAM MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA SISWA KELAS IV SDN MRAWAN 02 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (173.6Kb)
    Date
    2013-12-18
    Author
    Rina Nur Alifiah Fitriani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan subyek penelitian sebanyak 32 siswa di SDN Mrawan 02 Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas dengan pelaksanaan 2 siklus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas guru, dan tes akhir siklus. Aktivitas guru pada siklus 1 sebesar 87%, sedangkan pada siklus 2 sebesar 81%. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 54% dan pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 84%. Setelah peneliti menerapkan model problem based instruction hasil belajar siswa khususnya pada pokok bahasan kenampakan alam mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat pada data masing-masing siklus, secara garis besar peningkatan keberhasilan dari kondisi awal ke siklus I yaitu dari 47% menjadi 54%, peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 juga cukup baik yaitu dari 54% menjadi 84%. Penggunaan model problem based instruction terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPS pokok bahasan kenampakan alam pada siswa kelas IV SDN Mrawan 02 kabupaten Bondowoso tahun pelajaran 2011/2012. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat dikemukakan saran bagi peneliti lain yang menerapkan model PBI hendaknya dapat melaksanakan tahaptahap dalam model tersebut secara maksimal serta mengupayakan untuk menciptakan lingkungan dimana siswa dapat terlibat secara aktif dalam diskusi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9690
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository