PENERAPAN MODEL K.U.A.S.A.I (KERANGKA PIKIRAN, URAIKAN FAKTANYA, APA MAKNANYA, SENTAKKAN INGATAN, AJUKAN YANG DIKETAHUI, INTROSPEKSI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI KEBONSARI 01 LUMAJANG DALAM PEMBELAJARAN IPA
Abstract
Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 16 September 2011 sampai 26
September 2011. Aktivitas siswa yang dinilai selama pembelajaran yaitu
memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru, mencatat penjelasan guru,
bertanya, mengeluarkan pendapat, pemahaman masalah dan kerja sama. Berdasarkan
hasil observasi diperoleh persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal setiap
siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I sebesar 71,04% dan siklus II sebesar
77,44%. Rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 74,24%. Hasil tes individu juga
mencapai ketunasan secara klasikal. Pada siklus I sebesar 72,72% dan siklus II
sebesar 87,88%. Rata-rata persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 80,3%.
Kesimpulan dari penelitian adalah (1) penerapan pembelajaran model
K.U.A.S.A.I terlaksana dengan baik dapat dilihat dari terlaksananya sintak
pembelajaran yang dilakukan oleh guru terlaksana 100%, (2) aktivitas belajar siswa
secara klasikal meningkat dengan persentase sebesar 74,24%, (3) ketuntasan hasil
belajar meningkat dengan persentase sebesar 80,3%. Saran penelitian adalah (1)
pembelajaran dengan menggunakan model K.U.A.S.A.I dapat berhasil apabila guru
dapat menyiapkan hal-hal yang mendukung keberhasilan pembelajaran, (2) model
pembelajaran K.U.A.S.A.I dapat dijadikan alternatif pembelajaran, (3) dapat
dijadikan sebagai patokan perbaikan untuk penerapan model pembelajaran ini atau
untuk penelitian lebih lanjut.