dc.description.abstract | Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah mengkaji validitas, efektivitas, dan keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan LKS (Lembar Kerja Siswa) berbasis kolaboratif. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan prosedur penelitian 4-D yang meliputi difene, design, develop, disminate.
Tahap pendefinisian ini dilakukan dengan kegiatan yaitu wawancara dengan salah satu guru fisika di MAN 3 Jember, mengumpulkan informasi atau data-data terkait dengan analisis awal, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep. Tahap parancangan ini dimulai dengan merancang produk yang akan dikembangkan berupa bahan ajar LKS (Lembar Kerja Siswa) berbasis kolaboratif untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada siswa. LKS (Lembar Kerja Siswa) yang dikembangkan terdiri dari petunjuk penggunaan LKS berbasis kolaboratif, Tujuan, Pendahuluan, Rumusan masalah, Merumuskan Hipotesis, Mengidentifikasi Variabel, Merumuskan Definisi Operasional Variabel, Melakukan Percobaan, Merancang Tabel Percobaan, dan Kesimpulan. Tahap pengembangan pada penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar LKS (Lembar Kerja Siswa) berbasis kolaboratif, yang divalidasi oleh validasi ahli (expert appraisal) yaitu, dosen Pendidikan Fisika Universitas Jember. Tahap penyebaran ini bertujuan untuk menyebarluaskan atau mengujikan produk yang sudah valid kepada siswa, uji coba dilakukan selama 3 kali pertemuan (6x45 menit). | en_US |