Analisis Literasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education berbasis Lesson Study for Learning Community
Abstract
Pembelajaran matematika dengan pendekatan Realistic Mathematics Education
Berbasis Lesson Study for Learning Community dilakukan melalui tiga tahapan
yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Dalam perencanaan pembelajaran
matematika dengan pendekatan Realistic Mathematics Education berbasis Lesson
Study for Learning Community, guru mendapatkan ruang untuk menelaah dan
menemukembangkan instrumen pembelajaran yang sesuai dengan dinamika kelas
belajar secara kolaboratif bersama guru mitra. Dengan demikian, guru mitra telah
belajar secara kolaboratif untuk merumuskan strategi pembelajaran yang efektif
yang tentunya selalu berkembang sesuai dengan dinamika kelas pembelajaran.
Pelaksanaan pembelajaran matematika dengan pendekatan Realistic Mathematics
Education berbasis Lesson Study for Learning Community mampu menumbuhkan
sikap siswa berani bertanya, mengungkapkan pendapat, berani mempresentasikan
hasil diskusi dan berani menjawab pertanyaan serta menghargai pendapat orang
lain. Dalam hal emosional, siswa mengalami ketertarikan dengan cara belajar,
materi menjadi mudah dipahaminya dan senang dengan belajar kelompok. Hal
tersebut membuktikan bahwa pelaksanaan pembelajaran secara umum telah
memenuhi karakteristik pendekatan Realistic Mathematics Education berbasis
Lesson Study for Learning Community. Dalam refleksi pelaksanaan pembelajaran,
guru dapat mengoptimalkan perannya untuk menemukenali kelemahan strategi
pembelajaran yang telah dilakukan. Selanjutnya, guru dapat menemukan konsep
strategi lanjutan untuk peningkatan kualitas pembelajaran.