• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan E-Modul Sejarah Perang Kemerdekaan Di Jember Berbasis Inquiry Menggunakan Model Addie Untuk Sma Kelas XI IPS

    Thumbnail
    View/Open
    Galih Widodo-140210302014.pdf (6.034Mb)
    Date
    2018-07-27
    Author
    WIDODO, Galih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini memiliki beberapa tujuan diantaranya: (1) menghasilkan produk berupa modul berupa modul elektronik berbasis Inquiry Sejarah Perang Kemerdekaan di Jember untuk SMA kelas XI IPS yang tervalidari dan layak digunakan dalam pembelajaran Sejarah; (2) meningkatkan efektivitas belajar mandiri peserta didik pada pembelajaran Sejarah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Reseach and development, yang menggunkan model pengembangan ADDIE sebagai alur tahapan penelitian. Pengumpulan data penelitian digunkan beberapa teknik, diantaranya; (1) dokumentasi; (2) observasi; (3) angket; (4) wawancara dan (5) tes. Subjek penelitian ini melibatkan 1 pendidik mata pelajaran sejarah dan 30 peserta didik kelas X SMAN Pakusari. Analisis data dalam penelitian ini, digunkan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Produk yang dihasilkan, kemudian divalidasi ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain berturut-turut menunjukan: (1) nilai 96% kategori “sangat baik”; (2) nilai 94% kategori “sangat baik” dan (3) nilai 98% kategori “sangat baik”. Hasil uji pengguna mendapatkan nilai 98% berkategori “sangat baik”. Hasil uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan, berturut-turut menunjukan: (1) nilai 55.5% berkategori efektivitas “sedang”; (2) nilai 78.28% berkategori efektivitas “tinggi”. Berdasarkan penelitian, maka dapat diambil kesimpulan: (1) e-modul sejarah perang kemerdekaan di Jember berbasis Inquiry telah tervalidasi ahli dan layak untuk digunakan sebagai sumber pembelajaran sejarah SMA kelas XI dan (2) e-modul sejarah perang kemerdekaan di Jember berbasis Inquiryefektif meningkatkan pengentahuan peserta didik terhadap materi Sejarah Perang Kemerdekaan di Jember sebagai bagian dari kompetensi pembelajaran sejarah Indonesia.
    URI
    http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/96749
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository