Strategi Komunikasi dalam Interaksi jual beli di Pasar Ambulu Kabupaten Jember
Abstract
Kajian mengenai strategi komunikasi jual beli merupakan kajian yang menarik untuk diteliti. Pasar adalah tempat jual beli, di dalamnya muncul banyak persaingan antarpenjual hingga muncul anggapan bahwa penjual yang tokonya ramai menggunakan pelaris untuk menarik pembeli. Jika ditelisik lebih dalam, komunikasi memiliki peran penting untuk menarik pembeli. Strategi komunikasi dalam interaksi jual beli di pasar Ambulu Kabupaten Jember merupakan kajian pragmatik termasuk ke dalam penelitian kualitatif dengan metode simak, libat, dan cakap sebagai pengumpulan data. Untuk mendapatkan data di lapangan, peneliti menggunakan beberapa metode, yaitu tahap pengumpulan data dan tahap analisis data. Pada tahap pengumpulan data peneliti menggunakan teknik wawancara tidak terstruktur, observasi, teknik catat dan teknik rekam. Tahap analisis data, dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (a) data berupa tuturan dan konteks tuturan yang terkumpul ditranskipsikan secara ortografis, (b) setelah data ditranskipsi, kemudian dipilah-dipilah sesuai aspek-aspek pragmatik yang diteliti, yaitu strategi komunikasi berdasarkan tahapan-tahapan interaksi dan jumlah, (c) data yang telah dipilah, kemudian diidentifikasi dan dideskripsikan, (d) berdasarkan identifikasi dan deskripsi tersebut, kemudian diambil kesimpulan mengenai strategi komunikasi yang digunakan oleh penjual di Pasar Ambulu
Collections
- MT-Linguistic [65]