Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Refinancing PT. Federal International Finance (FIF) Cabang Jember
Abstract
Dalam perusahaan jasa, kualitas pelayanan adalah satu hal yang selalu diperhatikan karena baik dan
buruknya suatu perusahaan ditentukan oleh kualitas pelayanan yang diberikan kepada
konsumennya. Dari kualitas pelayanan itu pula dapat diketahui tingkat kepuasan pelanggan yang
datang ke tempat tersebut. Dan ketika seorang konsumen merasa puas dengan pelayanan yang
didapatnya dari tempat tersbut maka dengan sendirinya konsumen itu menjadi loyal terhadap
perusahaan tersebut. Dalam penelitian ini, rumusan masalah yang digunakan adalah adakah
pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan pelanggan refinancing PT Federal
International Finance Cabang Jember.
Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu ingin mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kualitas
pelayanan terhadap tingkat kepuasan pelanggan.
Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode assosiatif kausal dengan pendekatan
kuantitatif. Sampel yang diambil adalah 80 responden yang dihitung menggunakan rumus Slovin
merupakan pelanggan yang telah melakukan aktifitas refinancing sebanyak dua kali atau lebih
menggunakan purposive sampling. Purposive sampling adalah teknik penentuan sampel dengan
pertimbangan tertentu. Penelitian ini dilakukan di PT. Federal International Finance Cabang Jember
pada tanggal 09 April 2012 sampai dengan 09 Juni 2012. Pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara, kuisioner, dokumentasi, dan studi pustaka.
Analisis data yang dipergunakan oleh penulis adalah menggunakan analisis regresi linier berganda
yaitu dengan mengukur ada atau tidaknya pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan
pelanggan. Pengukuran tingkat kualitas pelanggan menggunakan lima indikator yaitu Bukti
Langsung (Tangibles), Keandalan (Realiabiliy), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan
(Assurance), dan Empati (Emphaty).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada kualitas
pelayanan tingkat kepuasan pelanggan. Dari hasil uji regresi berganda dihasilkan persamaan Y =
4,612 + 0,369 X
1
+ 0,022X
2
+ 0,043X
3
+ 0,078X
4
+ 0,047X
. Dari perhitungan didapat t hitung
yang lebih besar daripada t tabel (11,003>2,000) dan F hitung yang juga lebih besar daripada F
5
tabel (52,473>2,35). Perhitungan tersebut menunjukkan bahwa kualitas pelayanan mempunyai
pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kepuasan pelanggan sehingga berdampak peningkatan
kualitas pelayanan untuk mendapatkan kepuasan pelanggan yang maksimal. Besar pengaruh
kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan pelanggan adalah sebesar 60,8%.