PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI MODEL COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS IV SDN KESILIR 02 KECAMATAN WULUHAN KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010-2011
Abstract
Tujuan penelitian yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah : (1)
meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menerapkan model course review horay
pada siswa kelas IV SDN Kesilir 02 Kecamatan Wuluhan, (2) meningkatkan hasil
belajar siswa dengan menerapkan model course review horay pada siswa kelas IV
SDN Kesilir 02 Kecamatan Wuluhan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : (1)
penggunaan model course review horay dapat meningkatkan motivasi belajar IPS
pokok bahasan perkembangan teknologi pada siswa kelas IV SDN Kesilir 02
Wuluhan tahun pelajaran 2010-2011, yaitu skor rata-rata yang diperoleh sebelum
adanya tindakan sebesar 38,26%, siklus I sebesar 53,64%, siklus II sebesar 60,22%.
(2) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat pada ketuntasan
klasikal sebelum tindakan dan pelaksanaan siklus. Sebelum tindakan ketuntasan
klasikal sebesar 30,43%, siklus I sebesar 56,52%, siklus II sebesar 78,26%.
Saran-saran yang dapat diberikan adalah : (1) diharapkan guru dapat
menggunakan model course review horay sebagai alternatif dalam proses
pembelajaran, (2) bagi siswa yang mengalami kesulitan hendaknya diberikan suatu
bimbingan secara individu agar siswa lebih memahami materi, (3) penelitian ini bisa
memberikan sumbangan pemikiran dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan
mutu pendidikan terutama di SDN Kesilir 02 Wuluhan khususnya, (4) penelitian ini
dapat dijadikan acuan untuk mengadakan penelitian yang sejenis menggunakan
model course review horay.