Pengembangan Modul Fisika Gelombang Bunyi Berbasis REACT untuk Kelas XI IPA
Abstract
Tujuan pembelajaran fisika ialah untuk mengembangkan pengalaman menggunakan suatu metode ilmiah dalam merumuskan masalah, mengajukan dan menguji hipotesis dalam suatu percobaan, merancang serta merakit instumen percobaan, menafsir dan mengolah data, serta dapat mengkomunikasikan hasil percobaan secara tertulis dan lisan. Agar tujuan pembelajaran tercapai maka salah satu faktor yang mempengaruhi yaitu sumber belajar yang digunakan saat proses pembelajaran. Kenyataan yang ada dalam pendidikan saat ini, belum ada bahan ajar fisika berbasis pada kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Majid (2012) menyatakan bahwa modul ialah bahan ajar yang bertujuan agar peserta didik dapat belajar secara mandiri tanpa atau dengan bimbingan guru. Model pembelajaran kontekstual yang terdiri dari lima tahapan pembelajaran yaitu Relating (menghubungkan), Experiencing (mengalami), Applying (menerapkan), Cooperating (bekerjasama), dan Transfering (mentransfer) (REACT) bertujuan untuk mengajak siswa menemukan konsep, bekerja sama, serta siswa dapat menerapkan konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu perlu dikembangkan Modul Fisika Gelombang Bunyi Berbasis REACT untuk Kelas XI IPA