Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Kebonsari 01 pada Tema Selalu Berhemat Energi Subtema Sumber Energi Pembelajaran 3 melalui Penerapan Metode Eksperimen
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV-A SDN Kebonsari 01
yang telah dilaksanakan pada tanggal 06 Mei 2019 bahwa kenyataan di lapangan
menunjukkan pelaksanaan kurikulum masih kurang bisa diterapkan dengan baik.
Guru masih belum dapat melaksanakan pembelajaran secara optimal. Selain itu
masih terdapat siswa yang tidak berani mengeluarkan pendapat atau mengajukan
pertanyaan apabila mereka kurang paham materi pembelajaran dan siswa juga
senang berbicara sendiri dengan teman-temannya saat belajar. Hal ini berdampak
pada rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Guru perlu memberikan
inovasi baru dalam proses belajar mengajar di kelas yang sesuai dengan
karakteristik mata pelajaran yang disampaikan. Salah satu cara yang dapat
ditempuh oleh guru adalah dengan memilih metode pembelajaran yang sesuai
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu metode yang
dapat digunakan adalah metode eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV-A SDN Kebonsari 01
pada tema selalu berhemat energi subtema sumber energi pembelajaran 3 melalui
penerapan metode eksperimen semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019.