Penerapan Pembelajaran Kooperatif Dengan Teknik Dua Tinggal Dua Bertamu (Two Stay Two Stray) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Cerpen Siswa Kelas VIII-D SMP Negeri 12 Jember
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif dengnan teknik Dua Tinggal Dua Bertamu yang dapat meningkatkan hasil belajar cerpen dilakukan berdasarkan tiga tahap yaitu tahap pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Pada tahap pendahuluan terdiri atas pengaturan posisi bangku dan pengelompokan secara hiterogen, menjelaskan materi dan menyampaikan kompetensi dasar, dan membangkitkan skemata siswa. Pada tahap kegiatan inti aktivitas yang dilakukan adalah menjelaskan tugas kelompok, membimbing siswa bekerja secara kooperatif, dan membimbing siswa dalam melaksanakan teknik Dua Tinggal Dua Bertamu. Pada tahap penutup pembelajaran difokuskan pada kegiatan presentasi yaitu salah satu kelompok mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas kemudian siswa bersama guru merefleksikan pembelajaran cerpen.