Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI
Abstract
Tanggung jawab sosial Perusahaan (CSR) merupakan sebagai tindakan
yang mendorong perusahaan untuk melakukan kegiatan sosial diluar kepentingan
perusahaan dan aturan hukum. Pengungkapan CSR merupakan informasi yang
diberikan oleh perusahaan kepada stakeholders berdasakan item GRI G3.
Perusahaan diwajibkan melakukan pengungkapan CSR setiap tahun yang
dilaporkan dalam laporan tahunan perusahaan. Derajat pengungkapan CSR
dipengaruhi sejumlah karakteristik perusahaan misalnya CSR dipengaruhi oleh
UP (ukuran perusahaan), KA (komite audit), atau KI (kepemilikan institusional).
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis apakah
ukuran perusahaan, komite audit dan kepemilikan institusional merupakan
variabel-variabel yang berpengaruh terhadap pengungkapan CSR pada perusahaan
manufaktur yang terdaftar di BEI. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak
134 perusahaan, dengan metode penarikan sampel yaitu purposive samping
diperoleh 93 perusahaan, yang sesuai dengan kriteria dengan rentang penelitian
dari tahun 2015-2017. Total pengamatan dalam periode penelitian sebanyak 279
pengamatan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear
berganda untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel
dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hanya ukuran perusahaan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan CSR. Sedangkan,
komite audit dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap
pengungkapan CSR.