Show simple item record

dc.contributor.advisorMUJI
dc.contributor.advisorPURNOMO, Bambang Edi
dc.contributor.authorDEWI, Sherly Yuli Viana
dc.date.accessioned2019-11-27T01:19:36Z
dc.date.available2019-11-27T01:19:36Z
dc.date.issued2018-09
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id//handle/123456789/96384
dc.description.abstractPenelitian tindak tutur mendidik bermodus larangan oleh guru di TK Islam Nurul Anshor menarik untuk dikaji. Hal tersebut didasari alasan sebagai berikut. Pertama, selama kegiatan pembelajaran di TK Islam Nurul Anshor, ditemukan bahwa guru banyak menggunakan tindak tutur direktif bermodus larangan, karena guru berusaha mengajarkan ke peserta didik agar selalu sopan santun terhadap sesama manusia. Kedua, diusia yang relatif muda, peserta didik memerlukan pengawasan dari guru. Ketika observasi awal, ditemukan perilaku atau tindakan peserta didik yang kurang sopan. Kata-kata yang diucapkan peserta didik kurang sopan atau santun, sehingga peneliti tertarik untuk meneliti tindak tutur mendidik bermodus larangan oleh guru di TK Islam Nurul Anshor. Ketiga, diketahui dari website internet dan skripsi yang relevan bahwa kajian tentang tindak tutur mendidik bermodus larangan belum banyak dilakukan bahkan tidak ada yang meneliti tindak tutur mendidik bermodus larangan terutama dalam pembelajaran di TK. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimanakah bentuk tindak tutur mendidik bermodus larangan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran di TK Islam Nurul Anshor Situbondo?; (2) bagaimanakah modus larangan dalam tindak tutur mendidik oleh guru dalam kegiatan pembelajaran di TK Islam Nurul Anshor Situbondo?; (3) bagaimanakah sikap anak terhadap larangan (perlokusi) guru dalam kegiatan pembelajaran di TK Islam Nurul Anshor Situbondo? Rancangan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif pragmatik. Data dalam penelitian ini berupa segmen tutur guru dan konteks tuturan yang mengindikasikan tindak tutur mendidik bermodus larangan. Data yang berupa segmen tutur guru digunakan untuk menjawab rumusan masalah pertama dan kedua. Data yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah ketiga adalah sikap peserta didik ketika dilarang oleh guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi yang meliputi teknik simak catat dan teknik rekam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk tindak tutur mendidik bermodus larangan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran di TK Islam Nurul Anshor Situbondo meliputi (1) melarang dengan menggunakan tidak boleh, (2) melarang dengan menggunakan kata jangan, (3) melarang dengan kalimat berita, dan (4) melarang dengan kalimat tanya. Modus larangan dalam tindak tutur mendidik oleh guru dalam kegiatan pembelajaran diantaranya (1) melarang dengan modus deklaratif, (2) melarang dengan modus imperatif, (3) melarang dengan modus interogatif, (4) melarang dengan modus obligatif, dan (5) melarang dengan modus kondisional. Sikap anak terhadap larangan (perlokusi) guru dalam kegiatan pembelajaran diantaranya (1) merespon dengan tindakan positif, (2) merespon dengan tindakan negatif, dan (3) menuruti larangan dengan bertanya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries140210402014;
dc.subjectTindak Tuturen_US
dc.subjectBermodus Laranganen_US
dc.titleTindak Tutur Mendidik Bermodus Larangan Oleh Guru Dalam Kegiatan Pembelajaran di TK Islam Nurul Anshor Situbondoen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record