STRATEGI PENGEMBANGAN DAYA TARIK WISATA DALAM MEMBANGUN LOYALITAS PENGUNJUNG DI TAMAN BOTANI SUKORAMBI JEMBER
Abstract
Tujuan utama Praktek Kerja Nyata ini adalah untuk mengetahui
pengembangan daya tarik wisata yang ada di Taman Botani Sukorambi
Jember serta kendala yang dihadapi oleh pihak pengelola selama proses
pengembangan daya tarik wisata tersebut.
Penelitian ini menggunakan analisis SWOT agar bisa mengetahui
Kekuatan (Strength), Kelemahan (Weakness), Peluang (Opportunity) dan
Ancaman (Threat) untuk menghadapi persaingan antara tempat wisata lain
yang khususnya ada di Kabupaten Jember. Analisis SWOT akan membantu
untuk melihat sisi-sisi yang terlupakan atau tidak terlihat. Metode analisis
SWOT bisa dianggap sebagai metode analisa yang paling dasar dan berguna
untuk melihat suatu topik atau permasalahan dari empat sisi yang berbeda.
Hasil dari laporan Praktek Kerja Nyata dapat dijelaskan bahwa Taman Botani
Sukorambi Jember adalah salah satu objek wisata yang berwawasan
lingkungan dan memiliki tiga daya tarik yang tidak dimiliki oleh objek wisata
lain di Kebupaten Jember, yaitu taman bunga, buah-buahan serta outbond.
Strategi Pengembangan daya tarik wisata yang harus dilaksanakan oleh
pengelola Taman Botani Sukorambi adalah menambah area dan jenis wisata
outbond yang baru, sehingga pengunjung tidak jenuh dengan arena outbond
yang sudah ada, menambah koleksi jenis tumbuhan dan satwa serta
membangun arena waterboom pada kolam renang dewasa sehingga
ketertarikan pengunjung untuk datang ke Taman Botani Sukorambi Jember
akan semakin bertambah.
Collections
- DP-Travel Agent [250]