Pengaruh E-Service Quality, Perceived Value Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Situs Jual Beli Online Tokopedia.Com (Studi Pada Mahasiswa Universitas Jember)
Abstract
Perkembangan zaman yang semakin pesat menimbulkan perkembangan pada berbagai bidang seperti teknologi informasi dan komunikasi bahkan proses transaksi jual beli melalui dunia digital sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Penggunaan layanan penjualan maupun pembelian lewat internet (online shopping) banyak sekali keuntungan yang bisa dirasakan oleh produsen maupun konsumen online. Salah satu situs jual beli online dan ritel e-commerce yang cukup populer di Indonesia adalah Tokopedia.com. Tokopedia.com merupakan salah satu situs jual beli online terbesar di Indonesia yang mengusung model bisnis marketplace. Salah satunya jual beli melalui situs online yang mengandung resiko karena produk yang ditawarkan hanya berupa penjelasan spesifikasi barang dan beberapa gambar yang tidak bisa kita jamin kebenarannya. Melakukan belanja online, seorang konsumen bukan hanya sekedar melihat harga, merek produk, ataupun variasi produk saja, tetapi juga e-service quality, perceived value, dan kepercayaan yang dirasakan oleh konsumen khususnya Mahasiswa Universitas Jember pada saat akan melakukan pembelian ulang di masa yang akan datang.
Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Jember yang pernah melakukan transaksi pada situs jual beli online Tokopedia.com. Dengan sampel sebanyak 95 responden. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah E-Service Quality, Perceived Value dan Kepercayaan sebagai variabel bebas dan Minat Beli Ulang sebagai variabel terikat. Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa e-service quality, perceived value dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang Mahasiswa Universitas Jember pada situs jual beli online Tokopedia.com.