Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Jasa Grabcar Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember
Abstract
Transportasi sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat, karena
transportasi dapat membuat masyarakat lebih efektif dalam pekerjaan dan sebagai
sarana untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ketergantungan masyarakat yang
semakin tinggi terhadap transportasi menjadi alasan untuk terus mengembangkan
bisnis transportasi. Semakin pesatnya perkembangan tekhnologi memberikan
pengaruh terhadap perkembangan bisnis transportasi. Hal itu membuat banyaknya
bisnis transportasi online bermunculan. Salah satu perusahaan jasa transportasi
online yang ada di Kota Jember yaitu Grab, Grab adalah perusahaan aplikasi
penyedia transportasi dan pembayaran mobile asal negara tetangga Singapura,
yang telah beroperasi di enam negara Asia Tenggara, yaitu Malaysia, Singapura,
Thailand, Vietnam, Indonesia, dan Filiphina. Perusahaan ini didirikan pada bulan
Juni tahun 2012 yang dikenal sebagai Grab taxi pada awal kemunculannya.
Banyaknya transportasi online yang bermunculan mengakibatkan persaingan
semakin ketat, semakin ketatnya persaingan membuat pihak pelayanan jasa
memberikan kualitas layanan yang baik. Tujuan dari Kualitas layanan akan
berdampak pada kepuasan bagi konsumen. Kualitas yang baik akan menghasilkan
kepuasan bagi konsumen, begitu juga sebaliknya. Tuntutan para konsumen untuk
memperoleh pelayanan yang lebih baik harus disikapi pihak pelayanan jasa
dengan baik sebagai upaya untuk memberikan kepuasan kepada konsumen.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji dan menganalisis apakah
kualitas layanan yang terdiri dari lima yaitu Tangibles (Bukti Fisik), Reliability
(Kehandalan), Responsiveness ( Daya Tanggap), Assurance (Jaminan), Emphaty
(Perhatian) merupakan variabel-variabel yang berpengaruh terhadap kepuasan
konsumen pengguna jasa GrabCar pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna jasa GrabCar
pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember. Dengan
jumlah sampel yaitu sebanyak 120 responden. Metode yang digunakan yaitu
Purposive Sampling.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Tangibles (Bukti Fisik),
Reliability (Kehandalan), Responsiveness ( Daya Tanggap), Assurance (Jaminan),
Emphaty (Perhatian) berpengaruh secara positif signifikan terhadap kepuasan
konsumen pengguna jasa GrabCar pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Jember.