dc.description.abstract | Membangun suatu bisnis baru menjadi bisnis yang sukses tidak hanya
tentang memiliki mimpi besar. Ada banyak hal dan langkah nyata yang harus
dilakukan untuk meningkan keberhasilannya. Pelaku usaha membutuhkan kerja
keras dan dedikasi untuk mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan. Menurut
Hariadi (2005:2) menyebutkan bahwa 80% sampai dengan 90% usaha baru harus
menyingkir dari pentas bisnis pada dua sampai tiga tahun pertama didirikan.
Pemasaran yang berorientasi pada konsumen merupakan pemasaran yang
menekankan pada pemuasan kebutuhan dan keinginan konsumen. Salah satu cara
untuk menciptakan ketertarikan pembelian konsumen adalah dengan menerapkan
food quality, service quality, price, dan Word of Mouth dengan baik sehingga
dapat menarik konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis
pengaruh dari Food Quality, Service Quality, Price dan Word of Mouth terhadap
Keputusan Pembelian Bakso di Kencong Jember. Teknik sampling yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive sampling. Karakteristik dari
sampel yang digunakan adalah konsumen Bakso di Kencong Jember yang pernah
melakukan pembelian sebanyak lebih dari satu kali.
Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Sumber data dalam
penilitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dengan
kuesioner kepada 150 responden yang sesuai dengan kriteria sampel. Penelitian
ini memperoleh data sekunder dari berbagai sumber seperti artikel, jurnal, dan
literatur yang terkait dengan kualitas makanan, kualitas layanan, harga, dan Word
of Mouth.
Hasil pengujian regresi linier berganda menunjukkan variabel Food
Quality berpangaruh positif terhadap Keputusan Pembelian, Service Quality,
berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Price tidak berpengaruh
terhadap Keputusan Pembelian, Word of Mouth berpengaruh positif terhadap
Keputusan Pembelian | en_US |