Show simple item record

dc.contributor.authorQismiyatil Hasanah
dc.date.accessioned2013-12-18T01:50:29Z
dc.date.available2013-12-18T01:50:29Z
dc.date.issued2013-12-18
dc.identifier.nimNIM090210204041
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9606
dc.description.abstractTujuan pendidikan kewarganegaraan pada dasarnya adalah menjadikan warga negara yang cerdas dan baik serta mampu mendukung keberlangsungan bangsa dan negara. Mata pelajaran PKn yang dipelajari dari tingkat dasar sampai tingkat perguruan tinggi benar-benar memiliki peranan yang sentral dan strategis dalam kerangka keseluruhan sistem dan struktur kurikulum pendidikan nasional guna mewujudkan tujuan pendidikan yang telah digariskan. Namun pada kenyataannya, model atau metode yang digunakan guru dalam mengajar tidak optimal mengakibatkan aktivitas dan hasil belajar siswa tidak sesuai dengan yang diinginkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, And Intelectually) dengan metode bermain peran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Kertosari 01 pada mata pelajaran PKn pokok bahasan keputusan bersama tahun ajaran 2012/2013?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA pada mata pelajaran PKn pokok bahasan keputusan bersama menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, and Intelectually). Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah adaptasi model skema Hopkins yang terdiri dari 4 fase meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SDN Kertosari 01 Jember sebanyak 36 siswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan metode tes. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dimana tiap siklusnya guru dibantu oleh observer untuk mengamati aktivitas belajar siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh, menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, And Intelectually) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 58,33% (aktif) dan persentase siklus II sebesar 85,06% (sangat aktif). Sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 58,33% yang terdiri atas 21 siswa memperoleh skor tes hasil belajar diatas 72 (nilai KKM mata pelajaran PKn SDN Kertosari 01) dan 15 siswa memperoleh skor tes hasil belajar dibawah 72 (nilai KKM mata pelajaran PKn SDN Kertosari 01). Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II secara klasikal sebesar 91,66% yang terdiri atas 33 siswa memperoleh skor tes hasil belajar diatas 72 (nilai KKM mata pelajaran PKn SDN Kertosari 01) dan 3 siswa memperoleh skor tes hasil belajar dibawah 72 (nilai KKM mata pelajaran PKn SDN Kertosari 01). Jadi dapat disimpulkan ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebanyak 33,33%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, And Intelectually) pada mata pelajaran PKn pokok bahasan keputusan bersama dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dari kategori aktif menjadi sangat aktif dan hasil belajar siswa dari kategori tidak tuntas menjadi tuntas. Saran dalam penelitian ini adalah model pembelajaran SAVI ini hendaknya tidak hanya diterapkan pada mata pelajaran PKn, akan tetapi pada mata pelajaran lain yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran SAVI.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204041;
dc.subjectMODEL PEMBELAJARAN SAVI ,SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, AND INTELECTUALLYen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, AND INTELECTUALLY) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VA SDN KERTOSARI 01 PADA MATA PELAJARAN PKn POKOK BAHASAN KEPUTUSAN BERSAMA TAHUN AJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record