Pengaruh Brand Image, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk FMCG dengan Moderasi Store Atmosphere di Alfamart di Kota Jember
Abstract
Keputusan Pembelian merupakan tindakan yang dilakukan konsumen untuk
melakukan pembelian sebuah produk. Brand Image atau citra merek adalah
kumpulan persepsi serta kesan yang ada dibenak konsumen mengenai merek.
Harga adalah suatu nilai untuk mengukur barang dan jasa dengan sejumlah uang
yang sesuai dengan ukuran, jenis ataupun kualitas dari barang ataupunjasa
tersebut. Promosi adalah bentuk persuasi langsung melalui penggunaan berbagai
intensif yang dapat diatur untuk merangsang pembelian produk dengan segera dan
meningkatkan jumlah barang yang dibeli pelanggan. Store Atmosphere adalah
suasana toko yang menjadi alasan konsumen atau pembeli disaat berbelanja
kebutuhannya.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh brand image, harga, dan
promosi terhadap keputusan pembelian produk FMCG yang dimoderasi store
atmosphere pada mahasiswa Uuniversitas Jember di retail modern Alfamart di
Kota Jember. Penelitian ini merupakan jenis penelitian explanatory research.
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 108 responden.
Metode analisis yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis.
Berdasarkan analisis hasil studi dan pembahasan tentang pengaruh brand
image, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian produk FMCG yang
dimoderasi store atmosphere pada mahasiswa Universitas Jember di retai modern
Alfamart di Kota Jember maka dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai
berikut : 1) Brand image berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Dengan demikian hipotesis pertama yang menyatakan bahwa ada pengaruh
signifikan antara brand image terhadap keputusan pembelian produk FMCG
Alfamart di Kota Jember diterima. 2)harga berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian. Dengan demikian hipotesis kedua yang menyatakan bahwa
ada pengaruh signifikan antara harga terhadap keputusan pembelian produk
FMCG Alfamart di Kota Jember diterima. 3)promosi berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian. Dengan demikian hipotesis ketiga yang
menyatakan bahwa ada pengaruh signifikan antara promosi terhadap keputusan
pembelian produk FMCG Alfamart di Kota Jember diterima. 4) store atmosphere
memoderasi pengaruh brand image, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian. Dengan demikian hipotesis keempat yang menyatakan bahwa ada
pengaruh signifikan antara brand image, harga, dan promosi terhadap keputusan
pembelian produk FMCG Alfamart di terima.