dc.description.abstract | Perkembangan industri pariwisata yang semakin pesat saat ini
mengakibatkan semakin besarnya persaingan dalam bidang industri tersebut, hal ini
membuat para pelaku dalam bidang tersebut harus bekerja keras dalam
mengembangkan industri pariwisata. Menarik minat calon wisatawan untuk
mengunjungi destinasinya kembali merupakan tujuan setiap pengelola destinasi
wisata. Pengelola harus merencanakan strategi sebagai upaya dalam proses
penciptaan revisit intention, dimana dalam proses tersebut terdapat tahapan yang
harus di tempuh pengelola maupun konsumennya sendiri. Secara umum, customer
experience merupakan salah satu strategi yang diciptakan oleh konsumen yang
dapat berdampak jangka panjang terhadap keputusan berkunjung selanjutnya.
Customer experience yang diperoleh konsumen saat berlibur akan menciptakan
kesan bagi konsumen. Dengan customer experience yang positif maka konsumen
akan menunjukan proses pembelian di masa mendatang dan pada akhirnya
membangun kepercayaan konsumen yang didasarkan pada experience yang
dialami.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh customer
experience terhadap kepercayaan konsumen agrowisata Taman Botani Sukorambi
Jember. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner
kepada 120 responden yang pernah berkunjung ke agrowisata Taman Botani
Sukorambi Jember minimal 1 kali kunjungan dan berusia minmal 15 tahun. Metode
analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan variabel
customer experience terhadap kepercayaan konsumen. Data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah data primer dan datasekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang digunakan yaitu
customer experience yang terdiri dari education, esthetics, entertainmentss dan
escapism berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen
agrowisata Taman Botani Sukorambi Jember. | en_US |