Pengaruh Kualitas Layanan Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan Matahari Department Store Di Jember
Author
JANNAH, Evi Nurul
Metadata
Show full item recordAbstract
Di era globalisasi ini, perkembangan fashion di Indonesia semakin pesat.
Awalnya trend fashion Indonesia dipengaruhi oleh budaya Eropa dan Asia
terutama budaya Korea yang belakangan ini menjadi trend. Fashion adalah setiap
mode pakaian atau perhiasan yang sedang trend selama waktu tertentu atau pada
tempat tertentu. Saat ini fashion maupun mode menjadi suatu industri yang sangat
menguntungkan di dalam maupun luar negeri, sehingga banyak bisnis ritel yang
menjual berbagai jenis fashion. Hal ini menyebabkan semakin banyaknya bisnis
ritel di Indonesia. Saat ini masyarakat banyak menggemari fashion yang kekinian,
hal ini cenderung membuat masyarakat berbelanja atau mengoleksi baju, celana,
hijab, atau apapun itu yang berhubungan dengan fashion. Salah satu ritel yang
berhubungan dengan pakaian dan mode yaitu Matahari Department Store yang
senantiasa menyediakan fashion trend terkini untuk kategori pakaian dan mode,
serta produk-produk kecantikan dan barang-barang keperluan rumah tangga
lainnya yang ditampilkan dalam gerai modern dan lengkap bagi kalangan
menengah Indonesia yang semakin meningkat, yang berkomitmen agar semua
orang Indonesia bisa tampil menarik dan nyaman.
Loyalitas merupakan kesetiaan seorang konsumen terhadap suatu
perusahaan, produk atau jasa yang melakukan pembelian atas produk tersebut
secara berulang-ulang. Agar konsumen melakukan pembelian secara berulang,
perusahaan harus melakukan strategi pemasaran yang baik dan tepat. Memiliki
pelanggan yang loyal akan suatu produk atau jasa merupakan hal yang paling
penting bagi setiap perusahaan. Dimana pelanggan yang loyal bisa menambah
keuntungan yang besar bagi perusahaan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data
primer dan sekunder. Penelitian ini dilakukan pada pelanggan Matahari
Department Store di Jember yang telah melakukan pembelian minimal 3 kali.
Anggota sampel penelitian 150 responden yang dipilih dengan menggunakan
Teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur
(path analysis) untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel
dependen melalui variabel terikat.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Variabel Kualitas Layanan
berpengaruh signifikan dengan arah koefisien positif terhadap Kepuasan
Pelanggan Matahari Department Store di Jember, 2) Variabel Brand Image
berpengaruh signifikan dengan arah koefisien positif terhadap Kepuasan
Pelanggan Matahari Department Store di Jember, 3) Variabel Kualitas Layanan
berpengaruh signifikan dengan arah koefisien positif terhadap Loyalitas Matahari
Department Store di Jember, 4) Variabel Brand Image berpengaruh signifikan
dengan arah koefisien positif terhadap Loyalitas Matahari Department Store di
Jember, 5) Variabel Kepuasan Pelanggan berpengaruh signifikan dengan arah
koefisien positif terhadap Loyalitas Matahari Department Store di Jember.