• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERUPA COMIC BOOK PADA POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN DAN PERTUMBUHAN UNTUK SISWA KELAS VIII SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Fadhlulloh MS - 080210103012 (2)_1.pdf (112.8Kb)
    Date
    2013-12-17
    Author
    Fadhlulloh MS
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keberhasilan seseorang dalam belajar juga sangat ditentukan oleh adanya keinginan atau dorongan untuk belajar. Keinginan atau dorongan untuk belajar disebut dengan motivasi. Oleh karena itu untuk membangkitkan motivasi, seorang guru sebaiknya menggunakan media atau alat peraga yang sesuai sehingga dapat mempercepat atau mempermudah pencapaian tujuan pembelajaran Komik memiliki lima kelebihan jika dipakai dalam pembelajaran. Kelebihan itu adalah sebagai berikut: Penelitian ini bertujuan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan produk pengembangan komik biologi sebagai media pembelajaran pada pokok bahasan perkembangan dan pertumbuhan untuk siswa SMP kelas VIII. Selain itu, untuk menghasilkan produk komik tentang pertumbuhan dan perkembangan mahluk hidup yang dapat meningkatkan pengetahuan peserta didik SMP khususnya kelas VIII. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil validasi pada validator ahli dan validator pengguna. Validator ahli terdiri atas tiga dosen jurusan pendidikan MIPA dan validator pengguna terdiri atas tiga guru SMP di Kabupaten Jember. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa produk yang dihasilkan berupa komik biologi yang valid atau layak sebagai media pembelajaran. Pada validator ahli memberi nilai rata-rata 74,9 pada aspek kualitas komik dengan kategori valid. Pada aspek peran komik sebagai media pembelajaran validator ahli memberi nilai dengan rata-rata 72,1 dapat dikategorikan valid. Sedangkan pada aspek kelayakan bahasa validator ahli memberi nilai rata-rata 74,9 dengan kategori valid sebagai media pembelajaran siswa SMP terutama kelas VIII. Sedangkan pada validator pengguna memberi nilai rata-rata 97,6 pada aspek kualitas komik dengan kategori sangat valid. Pada aspek peran komik sebagai media pembelajaran validator pengguna memberi nilai dengan rata-rata 91,3 dapat dikategorikan sangat valid. Sedangkan pada aspek kelayakan bahasa validator pengguna memberi nilai rata-rata 97,2 dengan kategori sangat valid sebagai media pembelajaran siswa SMP terutama kelas VIII. Kesimpulannya adalah Kualitas media pembelajaran biologi berupa komik dapat dilihat dari validasi ahli dan pengguna. Pengembangan media pembelajaran biologi berupa komik pada materi perkembangan dan pertumbuhan di SMP berdasarkan rekapitulasi data validasi diperoleh gambaran bahwa validitas media pembelajaran biologi berupa komik yang dikembangkan adalah 75%; 72%; dan 75% dengan kategori valid. Sedangkan hasil validasi pengguna
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9584
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15348]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository