Show simple item record

dc.contributor.authorEvy Eka Seftiawati
dc.date.accessioned2013-12-17T13:16:28Z
dc.date.available2013-12-17T13:16:28Z
dc.date.issued2013-12-17
dc.identifier.nimNIM080210103028
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9583
dc.description.abstractPendidikan sebagai sumber daya insani sepatutnya mendapat perhatian secara terus menerus. Peningkatan mutu pendidikan berarti pula peningkatan kualitas sumber daya manusia. Untuk itu perlu dilakukan pembaruan dalam bidang pendidikan dari waktu ke waktu tanpa henti. Pendidikan di Indonesia dapat dikatakan masih rendah. Upaya memperbaiki kualitas pendidikan telah dan senantiasa dilakukan dalam berbagai hal, namun upaya meningkatkan kualitas pendidikan dengan perbaikan kualitas pembelajaran inovatif di sekolah yang menyangkut pemberdayaan kemampuan berfikir kreatif, secara sengaja belum pernah dilakukan. Strategi pembelajaran Reciprocal Teaching merupakan salah satu strategi pembelajaran kooperatif yang terdiri atas fase membuat pertanyaan, memprediksi jawaban, mengklarifikasi serta merangkum materi yang telah dilaksanakan, diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar biologi dan Creative Thinking siswa . Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh strategi pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar dan Creative Thinking siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar dan Creative Thinking siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Jember pada bulan April sampai Mei semester 2 tahun pelajaran 2011/2012. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilaksanakan secara kuasi eksperimen pada kelas X SMA Negeri 1 Jember. Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar biologi siswa, check list instrumen penilaian creative thinking, observasi mengajar, dokumentasi, dan wawancara terhadap guru maupun siswa. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan uji homogenitas dengan analisis varian (ANOVA), dan ANAKOVA terhadap hasil belajar kognitif dan creative thinking serta t-test terhadap data hasil afektif dan psikomotorik. Berdasarkan hasil penelitian, hasil analisis data terhadap nilai pretest dan posttest siswa yang dapat diketahui bahwa besarnya F 0 = 35,55 > F = 3,98 dengan probabilitas 0,00. Dengan demikian H ditolak, artinya pengaruh yang diberikan kedua perlakuan antara kelas eksperimen (strategi pembelajaran Reciprocal Teaching) dengan kelas kontrol (strategi pembelajaran konvensional) tidak identik. Sedangkan untuk hasil analisis data terhadap hasil belajar afektif dapat diketahui bahwa besarnya t test = 2,57 > t 0 = 1,66 dan beda rerata nilai kelas eksperimen terhadap kelas kontrol bernilai positif 4,94. Hasil analisis data terhadap hasil belajar psikomotorik dapat diketahui bahwa t 0,05 test = 2,4 > t = 1,66 dan beda rerata nilai kelas eksperimen terhadap kelas kontrol bernilai positif 3,64. Dengan demikian dapat menunjukkan bahwa strategi Reciprocal Teaching memberikan pengaruh positif secara signifikan terhadap kenaikan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Jember. Analisis tehadap Creative Thinking siswa dapat diperoleh dari perhitungan check list dari instrumen penilaian Crative Thinking. Analisis terhadap data nilai Creative Thinking siswa dapat diperoleh besarnya F 0 = 50,96 > F = 3,98 dengan probabilitas 0,00. Dengan demikian H ditolak, artinya pengaruh yang diberikan kedua perlakuan (kelas eksperimen dan kontrol) tidak identik atau berbeda. Hasil tersebut menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Reciprocal Teaching memberikan pengaruh positif secara signifikan dalam meningkatkan Crative Thinking siswa. 0 Kesimpulan terhadap hasil penelitian yaitu strategi pembelajaran Reciprocal Teaching memberikan pengaruh positif terhadap kenaikan hasil belajar dan dalam meningkatkan Crative Thinking siswa siswa kelas X SMA Negeri 1 Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210103028;
dc.subjectStrategi Pembelajaran Reciprocal Teaching, Hasil Belajar, Creative Thinking Siswa, Lesson Studyen_US
dc.titlePENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN CREATIVE THINKING SISWA MELALUI LESSON STUDY (Pada Mata Pelajaran Biologi Sub Konsep Ekosistem Kelas X semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012 di SMA Negeri 1 Jember)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record