dc.description.abstract | Pendidikan sebagai sumber daya insani sepatutnya mendapat perhatian
secara terus menerus. Peningkatan mutu pendidikan berarti pula peningkatan
kualitas sumber daya manusia. Untuk itu perlu dilakukan pembaruan dalam
bidang pendidikan dari waktu ke waktu tanpa henti. Pendidikan di Indonesia dapat
dikatakan masih rendah. Upaya memperbaiki kualitas pendidikan telah dan
senantiasa dilakukan dalam berbagai hal, namun upaya meningkatkan kualitas
pendidikan dengan perbaikan kualitas pembelajaran inovatif di sekolah yang
menyangkut pemberdayaan kemampuan berfikir kreatif, secara sengaja belum
pernah dilakukan. Strategi pembelajaran
Reciprocal Teaching merupakan salah
satu strategi pembelajaran kooperatif yang terdiri atas fase membuat pertanyaan,
memprediksi jawaban, mengklarifikasi serta merangkum materi yang telah
dilaksanakan, diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar biologi dan
Creative
Thinking siswa
.
Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh strategi
pembelajaran
Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar dan Creative Thinking
siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi pembelajaran
Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar dan Creative Thinking siswa.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Jember pada bulan April sampai Mei
semester 2 tahun pelajaran 2011/2012.
Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilaksanakan secara kuasi eksperimen
pada kelas X SMA Negeri 1 Jember. Kegiatan pengumpulan data dilakukan
dengan tes hasil belajar biologi siswa,
check list instrumen penilaian creative
thinking, observasi mengajar, dokumentasi, dan wawancara terhadap guru maupun
siswa. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan uji homogenitas dengan
analisis varian (ANOVA), dan ANAKOVA terhadap hasil belajar kognitif dan
creative thinking serta t-test terhadap data hasil afektif dan psikomotorik.
Berdasarkan hasil penelitian, hasil analisis data terhadap nilai pretest dan
posttest siswa yang dapat diketahui bahwa besarnya F
0
= 35,55 > F
= 3,98
dengan probabilitas 0,00. Dengan demikian H
ditolak, artinya pengaruh yang
diberikan kedua perlakuan antara kelas eksperimen (strategi pembelajaran
Reciprocal Teaching) dengan kelas kontrol (strategi pembelajaran konvensional)
tidak identik. Sedangkan untuk hasil analisis data terhadap hasil belajar afektif
dapat diketahui bahwa besarnya t
test
= 2,57 > t
0
= 1,66 dan beda rerata nilai
kelas eksperimen terhadap kelas kontrol bernilai positif 4,94. Hasil analisis data
terhadap hasil belajar psikomotorik dapat diketahui bahwa t
0,05
test
= 2,4 > t
= 1,66
dan beda rerata nilai kelas eksperimen terhadap kelas kontrol bernilai positif 3,64.
Dengan demikian dapat menunjukkan bahwa strategi
Reciprocal Teaching
memberikan pengaruh positif secara signifikan terhadap kenaikan hasil belajar
biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Jember.
Analisis tehadap Creative Thinking siswa dapat diperoleh dari perhitungan
check list dari instrumen penilaian Crative Thinking. Analisis terhadap data nilai
Creative Thinking siswa dapat diperoleh besarnya F
0
= 50,96 > F
= 3,98
dengan probabilitas 0,00. Dengan demikian H
ditolak, artinya pengaruh yang
diberikan kedua perlakuan (kelas eksperimen dan kontrol) tidak identik atau
berbeda. Hasil tersebut menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Reciprocal
Teaching
memberikan pengaruh positif secara signifikan dalam meningkatkan
Crative Thinking siswa.
0
Kesimpulan terhadap hasil penelitian yaitu strategi pembelajaran Reciprocal
Teaching memberikan pengaruh positif terhadap kenaikan hasil belajar dan dalam
meningkatkan Crative Thinking siswa siswa kelas X SMA Negeri 1 Jember. | en_US |