• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model Think-Talk-Write (TTW) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi (Siswa Kelas VII semester Genap SMP Negeri 1 Panti Tahun Ajaran 2011/2012)

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    Dian Wahyu Wijayanti - 080210193013_1.pdf (216.4Kb)
    Date
    2013-12-17
    Author
    Dian Wahyu Wijayanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Model pembelajaran TTW (Think-Talk-Write) memiliki tiga komponen utama, yaitu: berpikir, diskusi, dan menulis. Berpikir memberikan kesempatan pada siswa untuk memahami materi dan menyelesaikan soal yang disampaikan oleh guru secara individu. Diskusi memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan mengungkapkan ide-ide dan pendapat yang dimiliki dalam bentuk lisan. Menulis memberikan kesempatan kepada siswa untuk menuangkan ide-ide dan pendapat yang dimilikinya dalam bentuk tulisan. Pembelajaran model TTW juga mendorong siswa untuk meningkatkan semangat kerjasama serta keaktifan siswa sehingga diharapkan dapt meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif model TTW terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 1 Panti tahun ajaran 2011/2012. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilaksanakan secara Quasi eksperimen. Kegiatan pengumpulan datadilakukan dengan pengukuran motivasi belajar, hasil belajar biologi siswa, observasi mengajar, dokumentasi, dan wawancara terhadap guru dan siswa. Metode penelitian menggunakan design penelitian non-equivalent posttest-only design, dimana terdapat dua kelas sebagai sampel yaitu satu kelas eksperimen menggunakan pembelajaran kooperatif model TTW serta satu kelas kontrol menggunakan model pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru biologi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Analisis kuantitatif dilakukan terhadap hasil angket motivasi maupun hasil ulangan harian. Untuk menganalisis pengaruh pembelajaran kooperatif model TTW terhadap motivasi dan hasil belajar siswa digunakan uji statistik ANOVA. Analisis motivasi belajar siswa terdiri atas aspek attention, relevance, convidence, dan satisfaction. Hasil analisis nilai motivasi belajar siswa menunjukkan bahwa rerata kelas eksperimen lebih besar (89,19) daripada rerata kelas kontrol (81,58). Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa pembelajaran kooperatif model TTW berpengaruh sangat signifikan (p=0,000) terhadap motivasi belajar siswa. Analisis hasil belajar siswa terdiri atas ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hasil analisis ranah kognitif menunjukkan bahwa rerata kelas eksperimen (75,87) lebih besar daripada kelas kontrol (73,13) dengan nilai signifikannsi sebesar (p=0,037). Hasil analisis ranah afektif menunjukkan bahwa rerata nilai afektif kelas eksperimen lebih besar (77,97) daripada kelas kontrol (73,00) dengan nilai signifikansi (p=0,023). Hasil analisis ranah psikomotorik menunjukkan bahwa rerata nilai psikomotorik kelas eksperimen lebih besar (90,78) daripada kelas kontrol (85,75) dengan nilai signifikansi (p=0,002). Pembelajaran kooperatif model TTW berpengaruh sangat signifikan terhadap hasil belajar ranah afektif, dan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ranah kognitif dan psikomotorik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) pembelajaran kooperatif model TTW berpengaruh sangat signifikan (p=0,000) terhadap motivasi belajar siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 1 Panti, dengan rerata kelas eksperimen 89,19 dan kelas kontrol 81,58 dan (2) pembelajaran kooperatif model TTW berpengaruh signifikan (p=0,037) terhadap hasil belajar siswa ranah kognitif, berpengaruh sangat signifikan terhadap hasil belajar ranah afektif (p=0,002), dan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa ranah psikomotorik (0,023). Dengan rerata nilai kognitif kelas eksperimen lebih besar (75,87 ± 5,71) daripada kelas kontrol (73,13 ±5,54), rerata nilai afektif kelas eksperimen lebih besar (77,97±6,92) daripada kelas kontrol (73,00±6,41), rerata nilai psikomotorik kelas eksperimen lebih besar (90,78±8,18) daripada kelas kontrol (85,75±10,6).
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9577
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15369]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail