dc.description.abstract | Kenyataan yang banyak dijumpai di lapangan adalah pembelajaran biologi
yang berpusat pada guru sebagai pemberi pengetahuan bagi siswa, dan penyampaian
materi pelajarannya cenderung masih didominasi dengan metode ceramah. Siswa
kurang berperan aktif dalam proses pembelajaran untuk membangun dan menemukan
sendiri melalui interaksi dengan lingkungannya, sehingga siswa hanya manghafalkan
fakta-fakta dari buku dan bukan dari hasil menemukan serta membangun sendiri
pengetahuannya. Berdasarkan hasil studi intensif mengenai pola pembelajaran dan
pemahaman siswa menyimpulkan bahwa proses pembelajaran cenderung text book
oriented dan tidak terkait dengan kehidupan sehari-hari.
Siswa kesulitan untuk memahami materi pelajaran seperti yang diajarkan
selama ini, karena pembelajaran cenderung menggunakan sesuatu yang abstrak
dengan metode ceramah. Pembelajaran yang berorientasi pada target penguasaan
materi terbukti hanya mampu mengantarkan siswa untuk mengingat materi pelajaran
dalam waktu yang relatif pendek, sehingga menyebabkan siswa akan mudah lupa, dan
gagal dalam membekali siswa untuk memecahkan permasalahan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan
hasil belajar biologi siswa. Pembelajaran biologi pada penelitian ini menggunakan
metode diskusi yang divariasikan dengan LKS word square berbasis lesson study di
kelas X SMA Muhammadiyah 3 Jember.
Pada penelitian ini motivasi belajar siswa diukur melalui analisis persentase
motivasi belajar yang dilakukan dengan cara angket ARCS yang dibagikan kepada
siswa dan observasi yang kemudian dihitung menggunakan rumus persentase
motivasi belajar siswa. Sedangkan hasil belajar (kognitif, afektif dan psikomotor)
diukur melalui tes dan observasi yang kemudian dijadikan data untuk dianalisis
menggunakan ANACOVA untuk melihat perbedaan nilai kognitif, afektif, dan
psikomotor antara kelas yang menggunakan metode diskusi yang divariasikan dengan
LKS word square berbasis lesson study dan kelas yang menggunakan metode
konvensional.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap
motivasi belajar siswa penggunaan metode diskusi yang divariasikan dengan LKS
word square berbasis lesson study terhadap motivasi belajar siswa pada konsep dunia
hewan (Animalia) kelas X SMA Muhammadiyah 3 Jember. Peningkatan motivasi
belajar siswa pada kelas kontrol dibandingkan dengan kelas eksperimen rerata
peningkatan motivasi belajar aspek attention motivasi sebesar 2,24; aspek relevance
motivasi sebesar 2,46; aspek confidence motivasi sebesar 1,33 sedangkan untuk aspek
satisfication motivasi sebesar 1,19.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap hasil
belajar siswa yang menggunakan metode diskusi yang divariasikan dengan LKS word
square berbasis lesson study terhadap motivasi belajar siswa pada konsep dunia
hewan (Animalia) kelas X SMA Muhammadiyah 3 Jember. Pengaruh tersebut
ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen
lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu untuk peningkatan hasil belajar
kognitif sebesar 3,08; peningkatan hasil belajar afektif sebesar 3,05; dan peningkatan
hasil belajar psikomotor sebesar 3,06.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode diskusi yang
divariasikan dengan LKS word square berbasis lesson study dapat meningkatkan
motivasi dan hasil belajar. Peneliti berharap dari penelitian kuasi eksperimen yang
telah dilakukan ini, guru hendaknya selalu melakukan inovasi dalam pembelajaran
untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa. | en_US |