PENGARUH PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X TAHUN PELAJARAN 2011/2012 DI MAN 2 JEMBER
Abstract
Pendekatan STM adalah suatu pendekatan dalam pembelajaran Biologi yang
menekankan pada upaya mengaitkan pengetahuan sains dengan masalah teknologi
dan masyarakat serta implikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan ini
dalam pembelajaran Biologi dimaksudkan agar konsep-konsep dalam pembelajaran
dapat menunjang terbentuknya pengetahuan, sikap, dan ketrampilan terhadap apa
yang dipelajari.
Lingkungan mempunyai peranan yang penting dalam proses belajar mengajar.
Lingkungan yang mendukung dapat memacu siswa untuk belajar. Pemanfaatan
lingkungan dalam penelitian ini adalah siswa mengamati dan menganalisis masalahmasalah
yang ada di lingkungan, khususnya adalah lingkungan alam. Harapan dari
pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar adalah siswa dapat tanggap terhadap
masalah lingkungan dan dapat mencari solusi untuk masalah lingkungan tersebut
Penggunaan pendekatan STM dengan lingkungan sebagai sumber belajar
diharapkan dimana setiap siswa mampu dan mau mengungkapkan pendapatnya, serta
berinisiatif untuk saling berbagi dengan siswa lain dalam penyelesaian tugas atau
pertanyaan. Selain itu, pemanfaatan lingkungan dimaksudkan agar siswa belajar
secara nyata atau kontekstual dari lingkungan disekitar mereka.
Tujuan penelitian ini adalah:
Penelitian ini adalah quasi eksperimen atau eksperimen semu. Subjek
penelitian adalah adalah siswa kelas X.A dan X.C MAN 2 Jember. Kelas X.A adalah
kelas eksperimen dengan penerapan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar
siswa yang signifikan di kelas eksperimen
ditolak atau dapat dikatakan bahwa terdapat
pengaruh penggunaan pendekatan STM dengan lingkungan sebagai sumber belajar
terhadap aspek kognitif..
0
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan
pendekatan STM dengan lingkungan sebagai sumber belajar dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil aktivitas siswa kelas
eksperimen memiliki nilai yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan aktivitas siswa
kelas kontrol.