Show simple item record

dc.contributor.authorAwinda Dewi Wahyuning Tiyas
dc.date.accessioned2013-12-17T12:40:42Z
dc.date.available2013-12-17T12:40:42Z
dc.date.issued2013-12-17
dc.identifier.nimNIM080210193033
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9570
dc.description.abstractKeberadaan PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) XII (Persero) Banjarsari Jember diharapkan dapat digunakan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran biologi, sesuai dengan kurikulum Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas X semester, dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Biologi, Standar Kompetensi 3, yaitu memahami manfaat keanekaragaman hayati, dngan Kompetensi Dasar 3.4, yaitu mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia hewan dan peranannya bagi kehidupan (Depdiknas, 2006:454). Untuk mempelajari pokok bahasan tersebut siswa tidak harus mengacu pada guru dan buku sebagai satu-satunya sumber belajar untuk memahami karakterisik hewan, khususnya sub pokok bahasan Insekta contohnya kupu-kupu akan tetapi juga dapat menggunakan sumber belajar alternatif dari luar yang dapat memberikan keluasan dalam mengakses materi pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan adanya teknologi informasi dan komunikasi sebagai sumber belajar alternatif yang dapat digunakan untuk mengakses sumber-sumber informasi tanpa batas dan sangat cepat. Tujuan penelitian untuk mengetahui jenis kupu-kupu (Lepidoptera) apa saja yang dapat ditemukan di kawasan PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) XII (Persero) Banjarsari Jember dan apakah jenis kupu-kupu yang ditemukan dapat digunakan sebagai sumber belajar biologi SMA sub pokok bahasan Insekta. Jenis jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan di kawasan kebun kakao Edel PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) XII (Persero) Banjarsari Jember pada bulan Juli 2012. Penelitian dan pengambilan sampel dilaksanakan selama dua minggu, dalam durasi waktu mulai pukul 07.00 - 11.00 WIB. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode jelajah yaitu mengambil beberapa individu dari setiap spesimen yang ditemukan dan tertangkap pada saat terbang di areal penelitian. Pengambilan sampel dilakukan dengan membagi daerah penelitian menjadi enam blok atau pos pengamatan (I, II, III, IV, V dan VI) dengan luas areal masing-masing pos 5.000 m 2 . Pengambilan sampel di masing-masing pos dilakukan pada hari yang berbeda dan dimulai dari titik awal batas antara blok kebun kakao Edel yang dijadikan tempat penelitian dimana terdapat pos penelitian dengan blok kebun kakao Edel lain yang berjarak 2 meter sampai batas antar pos yang sudah ada. Sampel yang sudah terambil kemudian dicatat dan dimasukkan ke dalam tabel hasil pengambilan sampel. Hasil penelitian ditemukan kupu-kupu yang terdapat di kebun kakao Edel PT. Perkebunan Nusantara XII (Persero) Banjarsari Jember terdiri dari 11 genus (marga) dengan 12 jenis (spesies) dari 3 famili yaitu Papilionidae, Pieridae dan Nymphalidae. Dari ketiga famili tersebut, jumlah jenis (spesies) kupu-kupu dari famili Nymphalidae yang dominan. Untuk mengatahui potensi sebagai sumber belajar maka peneliti melakukan uji validasi produk di 2 SMAN yaitu di daerah Jember dan Arjasa. Melalui hasil uji validasi diketahui bahwa jenis kupu-kupu yang ditemukan di kawasan PT. Perkebunan Nusantara XII (Persero) Banjarsari Jember dapat digunakan sebagai sumber belajar dalam pokok bahasan Insekta yaitu dengan mengetahui ciriciri, klasifikasi, deskripsi serta peranan kupu-kupu terutama kupu-kupu yang ditemukan di kawasan PT. Perkebunan Nusantara XII (Persero) Banjarsari Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210193033;
dc.subjectIdentifikasi, Kupu-Kupu (Lepidoptera), PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) XII (Persero), Sumber Belajar Biologien_US
dc.titleIDENTIFIKASI KUPU-KUPU (LEPIDOPTERA) DI KAWASAN PT. PERKEBUNAN NUSANTARA (PTPN) XII (PERSERO) BANJARSARI JEMBER DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record