Show simple item record

dc.contributor.authorAsih Ika Trisnawati
dc.date.accessioned2013-12-17T12:36:34Z
dc.date.available2013-12-17T12:36:34Z
dc.date.issued2013-12-17
dc.identifier.nimNIM080210193041
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9569
dc.description.abstractKualitas pendidikan di Indonesia masih sangat rendah tingkat kompetisi dan relevansinya. Hal ini diperkuat dengan laporan Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk bidang pendidikan, United Nation Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) tahun 2011 menunjukkan bahwa peringkat Indonesia dalam hal pendidikan turun dari 65 menjadi 69 diantara 127 negara di dunia (Kompas, 3/3/2011)[serial online]. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang disusun dan dikembangkan berdasarkan UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. KTSP pada dasarnya merupakan strategi pengembangan kurikulum untuk mewujudkan sekolah yang efektif, produktif, dan berprestasi. Seiring dengan pengembangan filsafat konstruktivisme muncul pemikiran kritis dalam merenovasi pembelajaran yaitu Pembelajaran Aktif, Inovatif, kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM). Pembelajaran di kelas dewasa ini telah mengalami pergeseran orientasi yang lebih diutamakan untuk menggali potensi peserta didik, sehingga menimbulkan pengetahuan (kognitif), sikap (afektif) dan keterampilannya (psikomotor). Paradigma pembelajaran tersebut dikenal dengan istilah Lesson Study (LS). Menurut Nurbaity, dkk (2011) memberikan rumusan tentang LS sebagai salah satu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan pada prinsip-psrinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar. Pelaksanaan pembelajaran LS ini, akan lebih baik dan bermanfaat apabila dalam proses pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran kooperatif yang menyenangkan dan mampu meningkatkan semangat belajar siswa. Strategi pembelajaran kooperatif yang sangat menarik adalah tipe Team Assisted Individualization (TAI), karena memiliki keunggulan yaitu memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar secara individu terlebih dahulu hasil belajar siswa secara individu dibawa kekelompok untuk didiskusikan dan dibahas bersama anggota kelompok yang lain (Suyadi dan Wardani, 2010). Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh penggunaan LKS dalam strategi pembelajaran TAI berbasis lesson study dan mengetahui tingkat efektivitas penggunaan LKS dalam strategi pembelajaran TAI berbasis lesson study terhadap Hasil Belajar Biologi (Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Jember Tahun Ajaran 2011/2012). Metode penelitian diawali dengan penentuan responden menggunakan random sampling, pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Desain penelitian adalah quasi eksperimen yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Analisis data menggunakan analisis kovarian dengan bantuan program SPSS for Windows versi 17.0 serta hitungan secara manual. Hasil penelitian ini menujukkan penilaian (kognitif p = 0,001; afektif p = 0,000; psikomotor p = 0,000), dengan tingkat keefektivitasan pada ranah kognitif mencapai sebesar 29,22%, ranah afektif sebesar 10,2%, dan ranah psikomotor sebesar 13%. Kesimpulannya bahwa penggunaan LKS dalam strategi pembelajaran TAI berbasis lesson study terhadap hasil belajar siswa berpengaruh signifikan. Saran untuk penelitian lebih lanjut adalah melakukan penelitian mengenai pengaruh penggunaan LKS dalam strategi pembelajaran Team Assisted Individualization berbasis lesson study terhadap motivasi dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210193041;
dc.subjectStrategi Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization, Lesson Study, LKS, Hasil Belajar Biologien_US
dc.titlePENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBASIS LESSON STUDY DENGAN MENGGUNAKAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI (Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Jember Tahun Ajaran 2011/2012)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record