dc.description.abstract | Berdasarkan observasi yang dilakukan pada tanggal 18 Januari 2012 di kelas
X-1 SMAN Plus Sukowono Jember, ditemukan hasil belajar biologi tergolong rendah
berdasarkan data pra siklus, hasil belajar biologi siswa kelas X-1 SMAN Plus
Sukowono dari data ulangan harian pokok bahasan keanekaragaman hayati kelas X-1
dari 32 siswa hanya 56,3% siswa yang mendapatkan nilai ≥ 70 sedangkan 43,7%
siswa lainnya mendapatkan nilai < 70 dan siswa harus sering diingatkan dalam
mengikuti proses pembelajaran.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan
karakter siswa dalam pembelajaran biologi menggunakan metode pembelajaran tutor
sebaya di kelas X-1 SMAN Plus Sukowono Jember tahun pelajaran 2011/2012.
Berdasarkan uraian di atas maka diperlukan perbaikan pembelajaran melalui
penerapan metode pembelajaran tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar dan
karakter siswa yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir
secara mandiri serta bekerja sama dengan kelompok. Penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas sehingga subyek penelitian sudah ditetapkan di kelas X-1 SMAN Plus
Sukowono Jember tahun pelajaran 2011/2012 yang dimulai tanggal 25 Januari 2012
sampai dengan 15 Februari 2012. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar dan karakter siswa
kelas X-1 SMAN Plus Sukowono Jember, pada pelajaran biologi menggunakan
metode pembelajaran tutor sebaya dari pra siklus dengan persentase ketuntasan
klasikal yaitu 56,3% yang menunjukkan hasil belajar siswa rendah pada siklus satu
hasil meningkat menjadi 62,5% tapi peningkatan hasil belajar pada siklus satu ini
belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) SMAN Plus Sukowono,
Jember yaitu ≥ 75%. Siklus dua merupakan siklus perbaikan dari kekurangan yang
ada pada siklus satu, pada siklus dua ini terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus
satu yaitu 62,5% meningkat menjadi 87,5% peningkatan hasil belajar pada siklus dua
ini sudah memenuhi KKM yaitu 75%.
Peningkatan karakter siswa dari pra siklus ke siklus satu terjadi peningkatan
karakter pada siklus satu dari lima karakter, empat karakter di antaranya yaitu
karakter disiplin, kerja keras, mandiri, dan tanggung jawab cenderung ke MB (mulai
berkembang) yaitu siswa memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator
dan mulai konsisten, hal ini dikarenakan ada beberapa siswa masih belum mengerti
tata cara dan karakter apa saja yang ditingkatkan dalam model pembelajaran ini, jadi
guru masih harus sering mengingatkan kepada siswa. Untuk karakter rasa ingin tahu
pada siklus satu ini cenderung ke MT (mulai terlihat) yaitu siswa mulai
memperlihatkan adanya perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum
konsisten, hal ini ditunjukkan dari siswa bertanya kepada teman sekelompoknya.
Pada siklus dua karakter siswa semakin meningkat. Kenaikan karakter pada
siklus dua dapat dilihat dari perbandingan antara karakter pada siklus satu dengan
siklus dua, pada siklus dua ini dari kelima karakter yaitu karakter disiplin, kerja keras,
mandiri, dan tanggung jawab masih cenderung ke MB yaitu siswa memperlihatkan
perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten tetapi kecenderungan
siswa ke MB jumlahnya berkurang dan meningkat pada MK yaitu siswa
memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten. Untuk
karakter rasa ingin tahu sudah meningkat ke cenderung ke MB (mulai berkembang).
Kesimpulan dari penelitian penerapan metode pembelajaran tutor sebaya
untuk meningkatkan hasil belajar dan karakter siswa pada mata pelajaran biologi
kelas X di SMAN Plus Sukowono Jember dapat meningkatkan hasil belajar dan
karakter siswa. | en_US |