Show simple item record

dc.contributor.authorAlex Yunianto
dc.date.accessioned2013-12-17T11:52:31Z
dc.date.available2013-12-17T11:52:31Z
dc.date.issued2013-12-17
dc.identifier.nimNIM060210103134
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9562
dc.description.abstractBerdasarkan observasi yang dilakukan pada tanggal 18 Januari 2012 di kelas X-1 SMAN Plus Sukowono Jember, ditemukan hasil belajar biologi tergolong rendah berdasarkan data pra siklus, hasil belajar biologi siswa kelas X-1 SMAN Plus Sukowono dari data ulangan harian pokok bahasan keanekaragaman hayati kelas X-1 dari 32 siswa hanya 56,3% siswa yang mendapatkan nilai ≥ 70 sedangkan 43,7% siswa lainnya mendapatkan nilai < 70 dan siswa harus sering diingatkan dalam mengikuti proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan karakter siswa dalam pembelajaran biologi menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya di kelas X-1 SMAN Plus Sukowono Jember tahun pelajaran 2011/2012. Berdasarkan uraian di atas maka diperlukan perbaikan pembelajaran melalui penerapan metode pembelajaran tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar dan karakter siswa yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir secara mandiri serta bekerja sama dengan kelompok. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian sudah ditetapkan di kelas X-1 SMAN Plus Sukowono Jember tahun pelajaran 2011/2012 yang dimulai tanggal 25 Januari 2012 sampai dengan 15 Februari 2012. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar dan karakter siswa kelas X-1 SMAN Plus Sukowono Jember, pada pelajaran biologi menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya dari pra siklus dengan persentase ketuntasan klasikal yaitu 56,3% yang menunjukkan hasil belajar siswa rendah pada siklus satu hasil meningkat menjadi 62,5% tapi peningkatan hasil belajar pada siklus satu ini belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) SMAN Plus Sukowono, Jember yaitu ≥ 75%. Siklus dua merupakan siklus perbaikan dari kekurangan yang ada pada siklus satu, pada siklus dua ini terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus satu yaitu 62,5% meningkat menjadi 87,5% peningkatan hasil belajar pada siklus dua ini sudah memenuhi KKM yaitu 75%. Peningkatan karakter siswa dari pra siklus ke siklus satu terjadi peningkatan karakter pada siklus satu dari lima karakter, empat karakter di antaranya yaitu karakter disiplin, kerja keras, mandiri, dan tanggung jawab cenderung ke MB (mulai berkembang) yaitu siswa memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten, hal ini dikarenakan ada beberapa siswa masih belum mengerti tata cara dan karakter apa saja yang ditingkatkan dalam model pembelajaran ini, jadi guru masih harus sering mengingatkan kepada siswa. Untuk karakter rasa ingin tahu pada siklus satu ini cenderung ke MT (mulai terlihat) yaitu siswa mulai memperlihatkan adanya perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten, hal ini ditunjukkan dari siswa bertanya kepada teman sekelompoknya. Pada siklus dua karakter siswa semakin meningkat. Kenaikan karakter pada siklus dua dapat dilihat dari perbandingan antara karakter pada siklus satu dengan siklus dua, pada siklus dua ini dari kelima karakter yaitu karakter disiplin, kerja keras, mandiri, dan tanggung jawab masih cenderung ke MB yaitu siswa memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten tetapi kecenderungan siswa ke MB jumlahnya berkurang dan meningkat pada MK yaitu siswa memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten. Untuk karakter rasa ingin tahu sudah meningkat ke cenderung ke MB (mulai berkembang). Kesimpulan dari penelitian penerapan metode pembelajaran tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar dan karakter siswa pada mata pelajaran biologi kelas X di SMAN Plus Sukowono Jember dapat meningkatkan hasil belajar dan karakter siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210103134;
dc.subjectMetode Pembelajaran Tutor Sebaya, Hasil Belajar, Karakter Siswaen_US
dc.titlePENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI SMAN PLUS SUKOWONO JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record