• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN STAD BERORIENTASI PENDIDIKAN BERKARAKTER (Mata Pelajaran IPA Biologi Pokok Bahasan Organisasi Kehidupan Kelas VII Semester Genap MTs Nurul Iman Kapongan Situbondo Tahun Pelajaran 2011/2012)

    Thumbnail
    View/Open
    AINUR ROFIQ - 060210193112 (2)_1.pdf (512.4Kb)
    Date
    2013-12-17
    Author
    AINUR ROFIQ
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pengaruh Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang terkait dengan bidang pendidikan adalah pembaharuan kurikulum dan metode pembelajaran. Kurikulum saat ini (2006) yang dikenal dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan sudah berorientasi pada pendidikan berkarakter dan metodenya berorientasi pada siswa (student centered). Pembelajaran yang berorintasi siswa adalah pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning). Kelas VII di MTs Nurul Iman Kapongan Situbondo pada pokok bahasan “Organisasi Kehidupan” tahun pelajaran 2010/2011 pembelajaran berorientasi pada siswa dengan metode ceramah sehingga hasil belajarnya di bawah KKM (kriteria ketuntasan minimum) yang ditetapkan sekolah sebesar 70 dan ketuntasan klasikalnya di bawah 70% (ketetapan sekolah). Begitu juga dengan kemandirian belajar siswa yang kurang. Metode yang dirasa cocok untuk mengatasi kondisi tersebut adalah pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa melalui Pembelajaran STAD Berorientasi Pendidikan Berkarakter (Mata Pelajaran IPA Biologi Pokok Bahasan Organisasi Kehidupan Kelas VII Semester Genap MTs Nurul Iman Kapongan Situbondo Tahun Pelajaran 2011/2012) dengan jumlah siswa 33 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengambilan dengan metode observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi yang dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu (a) tahap observasi; dan (b) tahap pelaksanaan tindakan. Tahap pelaksanaan tindakan pembelajaran menggunakan pembelajaran STAD yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan tes hasil belajar sebanyak dua kali. Komponen-komponen pokok dalam setiap siklus adalah: perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemandirian dengan penerapan pembelajaran STAD pada siswa kelas VII semester Genap 2011-2012 di MTs Nurul Iman Kapongan Situbondo pkok bahasan “Organisasi Kehidupan”. Dalam ranah tanggung jawab mengalami peningkatan sebesar 3,36 dari 41,55 (siklus I) menjadi 44,91 (siklus II) dan peningkatan rata-rata capaian soal sebesar 0,24 dari 2,97 (siklus I) menjadi 3,21 (siklus II). Dalam ranah inovatif mengalami peningkatan sebesar 3,29 dari 23,73 (siklus I) menjadi 26,33 (siklus II) dan peningkatan rata-rata capaian soal sebesar 0,3 dari 2,99 (siklus I) menjadi 3,29 (siklus II). Hasil penelitian juga menunjukkan rata-rata peningkatan hasil belajar dengan penerapan pembelajaran STAD pada siswa kelas VII semester Genap 2011-2012 di MTs Nurul Iman Kapongan Situbondo pkok bahasan “Organisasi Kehidupan”. Ranah kognitif mengalami peningkatan 4, 24 dari 72,4 (nilai maksimal 100) dengan ketuntasan klasikal 66,67% pada siklus I menjadi 76,64 dengan ketuntasan klasikal 81,82% pada siklus II. Ranah psikomotorik mengalami peningkatan 32,73 dari 40,4 (nilai maksimal 100) dengan ketuntasan klasikal 0% pada siklus I menjadi 73,13 dengan ketuntasan klasikal 78,79% pada siklus II. Ranah afektif mengalami peningkatan 25,68 dari 48,56 (nilai maksimal 100) dengan ketuntasan klasikal 0% pada siklus I menjadi 74,24 dengan ketuntasan klasikal 84,85% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran STAD berorientasi pendidikan karakter dapat meningkatkan hasil belajar dan kemandirian belajar siswa mata pelajaran IPA biologi pokok bahasan Organisasi Kehidupan kelas VII semester genap MTs Nurul Iman Kapongan Situbondo Tahun Pelajaran 2011/2012.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9561
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository