PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN STAD BERORIENTASI PENDIDIKAN BERKARAKTER (Mata Pelajaran IPA Biologi Pokok Bahasan Organisasi Kehidupan Kelas VII Semester Genap MTs Nurul Iman Kapongan Situbondo Tahun Pelajaran 2011/2012)
Abstract
Pengaruh Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang terkait dengan bidang
pendidikan adalah pembaharuan kurikulum dan metode pembelajaran. Kurikulum
saat ini (2006) yang dikenal dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan sudah
berorientasi pada pendidikan berkarakter dan metodenya berorientasi pada siswa
(student centered). Pembelajaran yang berorintasi siswa adalah pembelajaran
kooperatif (Cooperative Learning). Kelas VII di MTs Nurul Iman Kapongan
Situbondo pada pokok bahasan “Organisasi Kehidupan” tahun pelajaran 2010/2011
pembelajaran berorientasi pada siswa dengan metode ceramah sehingga hasil
belajarnya di bawah KKM (kriteria ketuntasan minimum) yang ditetapkan sekolah
sebesar 70 dan ketuntasan klasikalnya di bawah 70% (ketetapan sekolah). Begitu juga
dengan kemandirian belajar siswa yang kurang. Metode yang dirasa cocok untuk
mengatasi kondisi tersebut adalah pembelajaran STAD (Student Teams Achievement
Division).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian dan hasil
belajar siswa melalui Pembelajaran STAD Berorientasi Pendidikan Berkarakter
(Mata Pelajaran IPA Biologi Pokok Bahasan Organisasi Kehidupan Kelas VII
Semester Genap MTs Nurul Iman Kapongan Situbondo Tahun Pelajaran 2011/2012)
dengan jumlah siswa 33 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
(PTK). Teknik pengambilan dengan metode observasi, wawancara, angket, tes, dan
dokumentasi yang dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu (a) tahap observasi; dan (b)
tahap pelaksanaan tindakan. Tahap pelaksanaan tindakan pembelajaran menggunakan
pembelajaran STAD yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan tes hasil belajar
sebanyak dua kali. Komponen-komponen pokok dalam setiap siklus adalah:
perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemandirian dengan penerapan
pembelajaran STAD pada siswa kelas VII semester Genap 2011-2012 di MTs Nurul
Iman Kapongan Situbondo pkok bahasan “Organisasi Kehidupan”. Dalam ranah
tanggung jawab mengalami peningkatan sebesar 3,36 dari 41,55 (siklus I) menjadi
44,91 (siklus II) dan peningkatan rata-rata capaian soal sebesar 0,24 dari 2,97 (siklus
I) menjadi 3,21 (siklus II). Dalam ranah inovatif mengalami peningkatan sebesar 3,29
dari 23,73 (siklus I) menjadi 26,33 (siklus II) dan peningkatan rata-rata capaian soal
sebesar 0,3 dari 2,99 (siklus I) menjadi 3,29 (siklus II).
Hasil penelitian juga menunjukkan rata-rata peningkatan hasil belajar dengan
penerapan pembelajaran STAD pada siswa kelas VII semester Genap 2011-2012 di
MTs Nurul Iman Kapongan Situbondo pkok bahasan “Organisasi Kehidupan”. Ranah
kognitif mengalami peningkatan 4, 24 dari 72,4 (nilai maksimal 100) dengan
ketuntasan klasikal 66,67% pada siklus I menjadi 76,64 dengan ketuntasan klasikal
81,82% pada siklus II. Ranah psikomotorik mengalami peningkatan 32,73 dari 40,4
(nilai maksimal 100) dengan ketuntasan klasikal 0% pada siklus I menjadi 73,13
dengan ketuntasan klasikal 78,79% pada siklus II. Ranah afektif mengalami
peningkatan 25,68 dari 48,56 (nilai maksimal 100) dengan ketuntasan klasikal 0%
pada siklus I menjadi 74,24 dengan ketuntasan klasikal 84,85% pada siklus II.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran STAD
berorientasi pendidikan karakter dapat meningkatkan hasil belajar dan kemandirian
belajar siswa mata pelajaran IPA biologi pokok bahasan Organisasi Kehidupan kelas
VII semester genap MTs Nurul Iman Kapongan Situbondo Tahun Pelajaran
2011/2012.