Keputusan Pembelian Motor Honda Beat 110 Series: Implikasi Pertimbangan Brand Image Dan Harga Serta Word of Mouth Di Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember
Author
KURNIAWAN, Moh Zulfi
Metadata
Show full item recordAbstract
Berbagai produsen sepeda motor berlomba menciptakan aneka jenis varian
sepeda motor guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan alat transportasi,
sehingga dewasa ini dapat dilihat berbagai jenis sepeda motor dari berbagai merek
bermunculan. Produsen perlu memperhatikan berbagi faktor yang mungkin akan
menentukan peluang keputusan pembelian atau tidak memutuskan pembelian oleh
konsumen. Berbagai faktor dapat mempengaruhi keputusan konsumen untuk
melakukan pembelian atau tidak terhadap suatu barang, faktor yang mungkin
dapat menentukan peluang keputusan pembelian atau tidak memutuskan
pembelian antara lain brand image, harga dan word of mouth. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis variabel yang menentukan peluang keputusan
pembelian motor Honda Beat 110 Series di Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember
diantara variabel brand image, harga dan word of mouth.
Penelitian ini dilakukan dengan memilih masyarakat Kecamatan Kalisat
Kabupaten Jember sebagai responden dengan teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah metode Purposive Sampling, yaitu pengambilan sampel dengan
pertimbangan tertentu. Adapun pertimbangan pengambilan sampel dalam
penelitian ini adalah berusia minimal 20 tahun dan pernah mendapat informasi
tentang motor Honda Beat 110 series. Data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah data primer dan data sekunder. Sumber data primer yang digunakan dalam
penelitian ini melalui kuesioner dan wawancara sedangkan sumber data sekunder
yang digunakan dalam penelitian ini melalui studi pustaka. Metode analisis data
yang digunakan adalah analisis regresi logistik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel sebagai penentu peluang
kemungkinan keputusan pembelian motor Honda Beat 110 series di Kecamatan
Kalisat Kabupaten Jember adalah harga dalam arti keterjangkauan harga,
kesesuaian harga dengan kualitas produk, daya saing harga dan kesesuaian harga
dengan manfaat. Sedangkan brand image dan word of mouth bukan variabel
penentu peluang kemungkinan keputusan pembelian motor Honda Beat 110 series
di Kecamatan Kalisat.