Pengaruh Tingkat Pengungkapan Sukarela, Laverage, Ukuran Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016
Author
Ningsih, Qoriah
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan sukarela,
leverage, ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan yang
sudah go public di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan data
sekunder yang bersumber pelaporan keuangan tahunan perusahaan yang terdaftar
di Bursa Efek Indonesia melalui website (www.idx.co.id) periode 2014 – 2016.
Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis
regresi berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil
pengujian regresi berganda atas pengaruh tingkat pengungkapan, leverage, ukuran
perusahaan, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan menunjukan hubungan
yang positif dan signifikan. Membuktikan bahwa semakin besar tingkat
pengungkapan maka nilai perusahaan akan semakin tinggi. Sedangkan hasil
pengujian regresi berganda atas pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai
perusahaan menunjukan hubungan yang negatif dan signifikan. Membuktikan
bahwa ukuran perusahaan yang tinggi akan menurunkan nilai perusahaan.