• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Quality Function Deployment Guna Meningkatkan Kualitas Layanan Penginapan Resort Papuma Jember

    Thumbnail
    View/Open
    DEDY ARDHITA WIJAYA - 110810201192.pdf Sdh.pdf (1.088Mb)
    Author
    Wijaya, Dedy Ardhita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dunia bisnis yang berkembang sangat pesat membuat persaingan di bidang bisnis tersebut kian kompetitif. Menyikapi persaingan masing-masing perusahaan, baik perusahaan jasa maupun dagang akan berusaha untuk mengembangkan produk atau jasa yang berkualitas demi menarik para konsumennya.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Quality Function Developmetdalam upaya meningkatkan mutu layanan penginapan yang lebih sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Resort Papuma Jember. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah 50 responden yang diambil dengan teknik porpusive sampling. Analsis data yang digunakan adalah Quality Function Deployment (QFD). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan pendapat konsumen atribut jasa yang perlu diperhatikan untuk memenuhi kebutuhan konsumen antara lain: Kamar yang bersih, Sarana parkir yang aman, Penjelasan penggunaan fasilitas yang benar kepada konsumen, Daya tanggap karyawan terhadap keluhan konsumen, Kemudahan dalam mendapatkan informasi, Karyawan yang dapat dipercaya, Menghormati dalam memperlakukan konsumen, Menjaga privasi konsumen selama menjalani penginapan, dan Keamanan lingkungan resort. Sementara berdasarkan kebutuhan teknis beberapa persyaratan yang perlu dilakukan untuk kualitas layanan Resort Papuma antara lain: Perbaikan fasilitas Toilet, Memudahkan proses adminstrasi, Pelayan siaga selama 24 jam, Meningkatkan kepedulian kepada konsumen, Meningkatkan keamanan. Dari persyaratan kebutuhan teknis tersebut prioritas yang perlu diutamakan untuk menjawab kebutuhan dan keinginan konsumen adalah tenaga karyawan untuk memperbaiki fasilitas toilet, meningkatkan kepedulian, menjaga keamanan, mempermudah administrasi, dan melayani 24 jam untuk menunjang tingkat kinerja perusahaan yang akan mengembangkan perusahaan untuk menjadi lebih baik lagi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aspek-aspek yang dibutuhkan dan diharapkan konsumen adalah tolilet yang bersih, proses administrasi mudah dan keamanan lingkungan resort.
    URI
    http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/95505
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12397]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository