dc.description.abstract | Perkembagan industri di Indonesia saat ini semakin pesat, seiring dengan
berkembangnnya ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya dalam industri
otomotif mengalami peningkatan setiap tahun. Menurut riset Kementrian
Perindustrian, pertumbuhan industri otomotif tahun 2017 akan melebihi
pertumbuhan tahun 2016, berkisar 7,5-8% dari sebelumnya 6,9%. Salah satu
industri otomotif yang berkembang saat ini adalah sepeda motor. Sepeda motor
merupakan salah satu alat transportasi yang sangat vital, karena dengan memiliki
dan menggunakan sepeda motor dapat mendukung aktifitas manusia. Selain itu
sepeda motor lebih mudah dan praktis dibanding dengan alat transportasi lainnya
untuk mendukung segala aktifitas manusia.
Saat konsumen memutuskan membeli sepeda motor ada beberapa faktor
yang mempengaruhi diantaranya harga, citra merek dan layanan purna jual. Harga
merupakan kriteria paling penting untuk dipertimbangkan oleh konsumen sebelum
melakukan keputusan pembelian, karena harga berkaitan dengan kemampuan
finansial konsumen untuk dapat membeli atau tidaknya suatu produk. Apabila
harga yang ditawarkan sudah sesuai dengan kemampuan finansial dan setara
dengan manfaat akan produknya, maka konsumen memutuskan untuk membeli.
Citra merek digunakan untuk meyakinkan konsumen saat membeli. Apabila citra
merek yang dimiliki produk dari perusahaan bagus, maka hal ini akan
memberikan pengaruh kepada konsumen untuk membeli produk perusahaan yang
ditawarkan. Selain itu layanan purna jual juga digunakan untuk salah satu
pembanding ketika konsumen membeli suatu produk. Layanan purna jual yang
diberikan perusahaan yang baik akan bertujuan untuk menjaga sikap positif dari
keunggulan produk perusahaan. Dengan adanya layanan purna jual yang baik
tersebut dapat memepengaruhi konsumen untuk membeli produk perusahaan.
Berdasarkan fenomena tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh harga dan citra merek serta layanan purna jual terhadap
keputusan pembelian honda scoopy. Objek pada penelitian ini adalah konsumen
dengan usia diatas 17 tahun; konsumen yang sudah membeli honda scoopy dan
konsumen yang berdomisili di Kecamatan Tanggul serta sampel dalam penelitian
ini adalah sebanyak 112 responden. Dalam kajian ini jumlah indikator seluruhnya
berjumlah 14. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil Analisis Regresi Berganda, harga mempunyai pengaruh
yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian honda scoopy di
Kecamatan Tanggul. Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian honda scoopy di Kecamatan Tanggul. Serta layanan purna
jual berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian honda
scoopy di Kecamatan Tanggul. | en_US |