PENGARUH LOKASI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN TOKO CARTENZ CABANG JEMBER
Author
Baladin, Imam
Metadata
Show full item recordAbstract
PT. Cartenz Indonesia adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang
retail, yang menyediakan peralatan adventure, outdoor fashion, foot wear, safety
work dan berbagai peralatan outdoor lainnya. Usaha PT. Cartenz Indonesia dari
tahun ketahun mengalami perkembangan dengan pesat sehingga membuka cabang
diberbagai kota di Indonesia salah satunya di Kabupaten Jember yaitu Toko
Cartenz Cabang Jember. Menghadapi berbagai persaingan dan mempertahankan
pelanggan maka perlu diperhatikannya loyalitas pelanggan. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari lokasi dan kualitas layanan melalui
kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan Toko Cartenz Cabang Jember.
Obyek pada penelitian ini adalah pelangan Toko Cartenz Cabang Jember.
Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuisoner kepada 105 responden
dengan tehnik purposive accidental sampling. Metode analisis data menggunakan
SEM dan menggunakan program AMOS, untuk mengetahui pengaruh lokasi dan
kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan dengan mediasi kepuasan pelanggan
pada Toko Cartenz Cabang Jember.
Hasil penelitian menunjukan bahwa lokasi berpengaruh terhadap kepuasan
pelanggan Toko Cartenz Cabang Jember, kualitas layanan berpengaruh terhadap
kepuasan pelanggan Toko Cartenz Cabang Jember, lokasi tidak berpengaruh
terhadap loyalitas pelanggan Toko Cartenz Cabang Jember, kualitas layanan tidak
berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Toko Cartenz Cabang Jember, dan
kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Toko Cartenz
Cabang Jember.