Show simple item record

dc.contributor.advisorTobing, Diana Sulianti K.
dc.contributor.advisorPrihatini, Dewi
dc.contributor.authorARIFIN, Syamsul
dc.date.accessioned2019-11-25T07:11:52Z
dc.date.available2019-11-25T07:11:52Z
dc.identifier.nim150820101028
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id//handle/123456789/95313
dc.description.abstractManusia merupakan faktor yang menentukan berhasil dan tidaknya suatu organisasi untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam rangka mencapai tujuan organisasi. Melihat pentingnya manusia dalam pencapaian tujuan perusahaan, maka diperlukan penanganan tersendiri terhadap sumber daya manusia agar mereka dapat bekerja sesuai dengan apa yang diharapkan oleh perusahaan, dengan begitu maka tujuan yang telah ditetapkan akan dapat tercapai dengan baik dan sesuai dengan rencana. Konsep pelayanan, dalam kaitannya dengan konsumen di internal organisasi atau instansi, atau dikenal dengan pelayanan internal didefinisikan sebagai serangkaian kegiatan pelayanan yang dilakukan di dalam organisasi kepada pegawai atau unit organisasi lain yang mampu dan berdayaguna dalam memberikan pelayanan eksternal. Kedisiplinan harus ditegakkan dalam suatu organisasi perusahaan, karena tanpa dukungan disiplin karyawan yang baik, maka sulit bagi perusahaan untuk mewujudkannya. Jadi kedisiplinan adalah kunci keberhasilan suatu perusahaan mencapai tujuan. Karyawan yang mempunyai keterlibatan tinggi dalam bekerja dan tidak mempunyai keinginan keluar dari perusahaan, maka hal ini merupakan modal dasar untuk mendorong tumbuhnya komitmen organisasi, apabila komitmen seseorang tinggi maka kinerjanya akan menjadi lebih baik. Kinerja menggambarkan tentang apa yang dikerjakan dan juga bagaimana cara mengerjakannya. Dengan begitu membuktikan bahwa penilaian dan juga pengawasan oleh organisasi perlu dilakukan kepada karyawan dalam proses berjalanya pekerjaan. Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) adalah instansi vertikal Ditjen Perbendaharaan yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan, Direktur Pengelolaan Kas Negara, atau Direktur Sistem Manajemen Investasi. Berdasarkan dari latar belakang masalah yang diuraikan tersebut, maka peneliti melakukan analisis mengenai pengaruh kualitas layanan internal dan disiplin kerja, terhadap kinerja karyawan melalui komitmen organisasi di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Kabupaten Jember, Bondowoso dan Banyuwangi. Berdasarkan latar belakang masalah dan rumusan masalah yang ada, karakteristik masalah yang diteliti, penelitian ini dapat diklasifikasaikan sebagai penelitian deskriptif asosiatif yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Peneliti melaksanakan kegiatan penelitian terhadap fakta-fakta yang terjadi saat ini dari suatu populasi pekerjaan pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Kabupaten Jember, Bondowoso, dan Banyuwangi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pegawai atau karyawan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara yang meliputi seluruh pegawai KPPN di Kabupaten Jember, Bondowoso, dan Banyuwangi dengan jumlah responden yang ada di dalam populasi penelitian ini adalah sebesar 79 orang. Untuk menjawab pertanyaan hipotesis dan mengetahui seberapa jauh pengaruh variabel independen terhadap variabel intervening serta interaksi keduanya terhadap variabel dependen yang terdapat pada model yang telah dikembangkan maka dilakukan pengujian statistik yaitu dengan menggunakan analisis jalur (Path Analysis). Pengujian berbasis analisis jalur dilakukan dengan menggunakan alat analisis Partial Least Square (PLS) yang merupakan salah satu metode statistika Structural Equation Model (SEM) berbasis varian yang didesain untuk menyelesaikan regresi berganda ketika terjadi permasalahan spesifik pada data, seperti ukuran sampel penelitian kecil, adanya data yang hilang (missing value), dan multikolinearilitas. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa semua hipotesis diterima yang berarti bahwa kualitas layanan internal dan disiplin kerja berpengaruh secara langsung maupun tidak langsung terhadap kinerja melalui komitmen organisasional.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKUALITAS LAYANAN INTERNALen_US
dc.subjectDISIPLIN KERJAen_US
dc.subjectKINERJA KARYAWANen_US
dc.titlePengharuh Kualitas Layanan Internal dan Disiplin Kerja Terhadap Komitmen Organisasional dan Kinerja Karyawan Kantor Pelayanan dan Perberdahraan Negara (KPPN) Kabupaten Jember, Bondowoso, dan Banyuwangien_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record