• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL SEQIP BERBASIS COOPERATIVE LEARNING PADA SISWA KELAS VI SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2011/2012 POKOK BAHASAN KONDUKTOR DAN ISOLATOR PANAS SDN KERTOSARI 01 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi1_1.pdf (191.2Kb)
    Date
    2013-12-17
    Author
    PUPUT LISTINENGWATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah (1) Meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui model SEQIP berbasis cooperative learning pada siswa kelas VI semster ganjil tahun ajaran 2011/2012 pokok bahasan konduktor dan isolator panas di SDN Kertosari 01 Jember (2) Meningkatkan hasil belajar siswa melalui model SEQIP berbasis cooperative learning pada siswa kelas VI semester ganjil tahun ajaran 2011/2012 pokok bahasan konduktor dan isolator panas SDN Kertosari 01 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Kertosari 01 Jember tahun ajaran 2011/2012. Data diambil pada tanggal 18 Juli sampai 22 Agustus 2011 dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) penggunaan model SEQIP berbasis cooperative laerning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VI SDN Kertosari 01 Jember pada mata pelajaran IPA. Aktivitas siswa pada siklus 1 pertemuan pertama sebesar 59,19% dan pada pertemuan kedua sebesar 66,67%. Berdasarkan data di atas aktivitas belajar siswa pada siklus 1 meningkat sebesar 7,48%. Pada siklus 2 aktivitas siswa sebesar 87,58%. Dari aktivitas siswa pada siklus 1 kesiklus 2 mengalami peningkatan sebesar 20,91%. (2) Hasil belajar siswa sebelum tindakan belum dikatakan tuntas karena dari 29 siswa hanya 13 siswa yang tuntas (44,83%) sementara 16 siswa dinyatakan belum tuntas (55,17%). Hasil belajar siswa pada siklus 1 yang dinyatakan tuntas sebanyak 24 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 5 siswa dengan prosentase ketuntasan sebesar (82,76%). Pada pembelajaran siklus 2 siswa yang dinyatakan tuntas sebanyak 27 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 2 siswa dengan prosentase ketuntasan sebesar (93,10%). Berdasarkan data hasil belajar pada siklus 1 dan siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 10,34%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9530
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15428]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository