ANALISIS PRIORITAS STRATEGI PEMASARAN WANA WISATA TANJUNG PAPUMA KABUPATEN JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kriteria-kriteria kekuatan, kelemahan,
peluang dan ancaman Wana Wisata Tanjung Papuma dan menetukan prioritas strategi
pemasaran Wana Wisata Tanjung Papuma. Pendekatan AHP-SWOT digunakan untuk
menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman serta menentukan strategi
pemasaran Wana Wisata Tanjung Papuma berdasarkan prioritasnya.
Faktor kekuatan Wana Wisata Tanjung Papuma terdiri atas kebersihan, akomodasi,
letak geografis dan wahana wisata. Faktor kelemahan Wana Wisata Tanjung Papuma terdiri
atas paket wisata, diversifikasi, sikap manajemen/karyawan, koordinasi yang lemah antar
otoritas pariwisata, efektivitas pemasaran, dan struktur manajemen. Pada faktor peluang
terdiri atas potensi Wana Wisata Tanjung Papuma menjadi destinasi utama di Kabupaten
Jember, potensi pengembangan wisata berskala nasional, dampak kegiatan JFC,
pertumbuhan wisatawan domestik, dan aksesibilitas. Pada faktor ancaman terdiri atas sikap
masyarakat lokal, perkembangan destinasi wisata yang semakin kompetitif di tingkat
regional, persepsi wisatawan, dan kontrol aktivitas pariwisata yang lemah.